belbuk

Toko Buku Online

Hati-hati ada malware di HP Symbian S60 3rd Edition

Para pengguna ponsel bersystem operasi Symbian s60 3rd edition harus berhati-hati karena beberapa perusahaan security menemukan adanya ancaman mobile baru yang menarget hp tersebut. Si worm, yang telah mengantongi sertipikat symbian, akan menyebarkan diri dengan mengirimkan link berbahaya via sms ke semua nomor yang ada di memori ponsel yang terjangkiti.

Menurut tim Antivirus Research & Response F-Secure, ancaman yang diidentifikasi  sebagai trojan:SymbOS/Yxe.A ini termasuk baru untuk platform S60 3rd Edition.

F-secure mengkarakterisasi si mobile malware sebagai trojan karena kemampuannya dalam mencuri data dan teknik social yang diterapkan oleh penciptanya. Dan aplikasi jahat ini juga telah dilengkapi dengan sertipikat yang di akui oleh symbian-untuk menghindari kecurigaan pengguna.

Jika anda terkecoh dan menginstalasi link yang dikirimkan melalui SMS tersebut, yang berarti secara otomatis mendownload si malware, program akan mengumpulkan informasi identifkasi ponsel anda seperti tipe, nomor IMEI dan IMSI, kemudian memasukkannya ke suatu remote server. Katanya sih aplikasi ini aslinya dibuat di china.

Si malware akan berusaha menyembunyikan jejaknya dengan berjalan dibawah nama proses "EconServer.Exe" pelesetan dari aplikasi legal yang bernama "EcomServer.Exe". Jika ada Symbian Application Manager di ponsel anda, si worm dapat dengan mudah di uninstall seperti halnya sotware biasa. Tapi jangan senang dulu, karena ia akan berusaha menghentikan proses AppMngr serta aplikasi lainnya yang ingin menidentifikasinya seperti ActiveFile, Taskman, TaskSpy, atau Y-Tasks.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger