belbuk

Toko Buku Online

Meningkatkan kualitas koneksi internet




Sekarang ini pilihan jaringan internet di Indonesia sudah mulai bermacam-macam. Mulai dari koneksi ADSL, kabel, satelit, teknologi 3G seluluer, dan dial up. Salah satu cara untuk memsksimalkan kualitas internet adalah dengan menggunakan Open DNS. Setiap jaringan ISP mempunyai DNS maasing-masing. Kinerja ISP suatu jaringan internet bergantung pada sistem DNS yang digunakan. Keuntungan yang paling terlihat dari penggunaan OpenDNS adalah peningkatan kecepatan dalam hal penjelajahan. Hal ini bisa dicapai karena server OpenDns mempercepat proses pendeteksian dan loading halaman web.




  1. Munculnya peringatan kalau ada situs porno dan phishing.

  2. Pencatatan aktivitas jaringan.

  3. Membatasi konten-konten dewasa yang bisa diatur sendiri oleh pengguna.

  4. Membuka akses ke situs-situs tertentu yang sudah ditentukan oleh pengguna.

  5. Alat pengoreksi kesalahan ejaan untuk membantu mengurangi faktor kesalahan manusia dalam menuliskan alamat web.

  6. Bisa digunakan untuk software atau perangkat keras apapun jadi sifatnya universal.


Supaya DNSnya bisa berjalan baik, maka kita harus merubah DNS komputer dengan memasukkan alamat 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 ke Internet Protocol (TCP/IP). Caranya masuk ke Networks Connection di control panel, lalu cari koneksi yang dipakai lalu klik properties. Setelah jendela properties terbuka pilih tab networking, lalu pilih TCP/IP lalu masukkan DNS OpenDNS.


Walaupun OpenDns bisa langsung dipakai, tetapi untuk lebih memaksimalkannya lebih baik daftar dulu di opendns. Caranya:




  1. Masukkan di browser alamatnya opendns

  2. Lalu pilih jaringan yang akan dipakai apakah komputer, router, atau dns server tinggal pilih salah satu.

  3. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan akun OpenDns. Masukkan semua data yang diminta termasuk email. Karena mereka akan mengkonformasi akun yang telah dibuat melalui email.

  4. Selanjutnya login menggunakan akun yang telah diberikan lewat email. OpenDns akan membuka satu jalur jaringan berdasarkan alamat IP pengguna tersebyt. Klik Add Network.

  5. Semua pengaturan yang berlaku pada jaringan yang baru dibuka itu bisa diganti. Klik settings. Pengguna bisa mulai dengan memasukkan gambar yang akan digunakan setiap kali ada halaman kesalahan yang dimunculkan oleh OpenDns. Ada beberapa pilihan lain yang akan muncul dilayar yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan dengan memberi tanda cek pada kotak di sebelahnya .

  6. Sekarang anda bisa menikmati kualitas koneksi internet yang lebih maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger