belbuk

Toko Buku Online

Tanda-tanda atau gejala terjangkitnya Flu Singapura

Flu Singapura dikenal di dunia kedokteran disebut sebagai Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (PTKM) atau Hand Foot Mouth Disease (HFMD). Namanya 'Flu Singapura'. Tidak ada yang paham betul, mengapa di Indonesia penyakit ini dijuluki Flu Singapura. Yang pasti, warga Singapura tidak mungkin sampai hati repot-repot mengirim virus-nya ke Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Penyakit KTM ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan virus RNA yang masuk dalam keluarga Picornaviridae (Pico, Spanyol = kecil ) dan Genus Enterovirus (non Polio). Genus yang lain adalah Rhinovirus, Cardiovirus, Apthovirus. Di dalam Genus enterovirus terdiri dari Coxsackie A virus, Coxsackie B virus, Echovirus dan Enterovirus. Pada dasarnya penyakit ini bukan merupakan penyakit yang berat. Pasien dapat sembuh dalam waktu 7-10 hari dengan mengkonsumsi makanan yang cukup protein dan kalori. Penyakit ini dapat dihindari atau diminimalisir risiko tertularnya dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Upaya pencegahan dan penanggulangan antara lain dengan melakukan cuci tangan dengan sabun, menutup mulut dan hidung bila batuk dan bersin. Selain itu, tidak menggunakan secara bersama-sama alat-alat rumah tangga seperti cangkir, sendok, garpu serta alat kebersihan pribadi yaitu handuk, lap muka, sikat gigi dan pakaian, terutama sepatu dan kaus kaki.
Penularannya bisa melalui kontak langsung dengan kulit penderita, udara lewat percikan air liur, urin, dan feses. Gejala yang muncul seperti flu biasa, yakni demam, batuk, pilek, pegal-pegal, dan mudah lelah
Tanda-tanda penyakit PTKM antara lain demam, kemerahan dan pelepuhan di telapak kaki, tangan dan kulit bagian dalam rongga mulut, tidak nafsu makan, lesu dan nyeri tenggorokan. Setelah satu-dua hari demam, timbul keluhan nyeri di mulut mulai dari melepuh sampai berlendir di lidah, gusi atau bagian dalam mulut lain.

5 komentar:

rayearth2601 mengatakan...

Mantap, info yang bermanfaat nih bos :)

Blogger Magazine mengatakan...

wah.. makin banyak aja jenis2 flu... :(

Dana Telco mengatakan...

Kalo flu babi belon di tulis

Kevin mengatakan...

Wah bahaya ya. Ada flu burung, flu Singapura, flu babi, ntar flu apa lagi nih? Ada-ada saja.
Padahal seharusnya flu tersebut disebut langsung kaya H5N1, dll bukan flu babi, heheheh...

Transfer Pulsa XL mengatakan...

gejala-gejalanya juga hampir sama semua pula... waduh2..

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger