belbuk

Toko Buku Online

Alat Pemantau Anggota Polri

Teknologi InovaTrack memungkinkan pemakai mengetahui dan memonitor keberadaan kendaraannya secara otomatis. Posisi dan status kendaraan dapat diketahui secara real time.

Dengan adanya sistem ini memungkinkan dilakukannya pengawasan kendaraan dan armada kendaraan dengan lebih baik. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan keamanan, baik keamanan kendaraan maupun keamanan pengendara.

Pemakai dapat memanfaatkan berbagai fungsi dan fasilitas yang disediakan melalui Internet dan Intranet hanya dengan menggunakan web browser. Dengan sistem ini, monitoring dan pengawasan kendaraan dapat dilakukan dengan lebih mudah lagi.

Teknologi InovaTrack sekarang dipakai oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk memantau anggotanya yang sedang bertugas di lapangan. Penggunaan teknologi ini merupakan improvisasi dari Kepolisian RI berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Pol: Kep/37/X/2008 tentang penjabaran program kerja akselerasi transformasi Polri menuju Polri yang mandiri, profesional dan dipercaya masyarakat.

Dengan penggunaan teknologi ini akan bisa memantau kegiatan anggota bila terjadi sesuatu peristiwa dengan menghitung mundur atau flash back kegiatan anggota pada saat itu.

Sistem kerjanya kira-kira begini: Di Polres ada yang namanya ruang laporan, baik itu laporan langsung dari masyarakat ataupun dari SMS/ Telepon. Hasil dari laporan masyarakat yang diterima tersebut, operator akan melihat lokasi kejadian dan menyampaikan info tersebut kepada petugas terdekat di lokasi. Polisi yang dihubungi harus segera bergerak dan mereka hanya punya waktu 15 menit yang dihitung mundur oleh komputer tersebut untuk sampai di TKP. Jika lebih dari 15 menit, penilaian terhadap petugas tersebut akan minus.

1 komentar:

Yari NK mengatakan...

Wah.... lebih sip lagi.... jika para anggotanya minimal di kendaraan para anggotanya masing2 sudah ada GPS-nya...... Tetapi InovaTRack ini juga sudah merupakan kemajuan yang signifikan bagi operasional polisi2 kita.....

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger