belbuk

Toko Buku Online

Blogwalking sarana promosi online gratis

Blogwalking menurut saya (terjemahan bebas bagi newbie seperti saya) adalah jalan-jalan ke blog lain. Dalam arti kasar berkunjung/ nyambangi bloger-bloger lain. Sama halnya seperti kita berkunjung kerumah orang lain. Dan tentunya ada tata kramanya juga.

Dengan berkunjung ke blog lain, ada harapan blog kita juga dikunjungi oleh pembaca blog paling tidak oleh si empunya blog/ web. Berkunjung disini, tidak hanya Cuma melihat-lihat isi blog tetapi meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi. Paling tidak menulis komentar di tulisan blog tersebut ataupun ngasih komentar di chatbox. Shoutmix. Silahkan pilih salah satu atau dua-duanya pun boleh. Dengan banyaknya kunjungan balik ke blog kita, berarti bisa meningkatkan traffic blog, yang berarti juga meningkatkan alexa rank blog kita.

Untuk berkomentar di blog orang lain sebisanya untuk berkomentar tidak diluar topik bahasan, dan sebisanya memberikan pencerahan atas tulisan tersebut. Ini yang saya katakan sebagai tata krama mengunjungi blog.

Dengan banyaknya kita berkunjung ke blog lain, dengan sendirinya akan menambah pengetahuan dan wawasan kita dan menambah banyak teman.

Yang lebih menarik lagi, blogwalking bisa dijadikan sarana untuk promosi gratis. Semakin banyak kita berkunjung ke blog lain, maka akan semakin banyak pula yang akan melihat blog kita. Jika memang blog kita ditujukan untuk promosi online.

Kalau menurut saya blogwalking merupakan alternatif kedua setelah kita mengiklankan di iklan baris. Iklan baris gratis, sifatnya temporer karena dalam hitungan menit saja iklan kita akan tergeser posisinya oleh iklan yang lebih baru. Sementara blogwalking, promosinya akan bisa bertahan lama. Karena di blog tidak semua orang suka untuk menulis komentar akan membuat promosi kita akan bisa bertahan lebih lama. Supaya orang mau melirik blog/ web kita, isi komentar dalam tulisan itu harus bisa menggelitik si pembaca blog dan jangan sampai keluar dari topik bahasan, supaya pembaca link balik ke blog kita. Kalau keluar dari topik bahasan bisa-bisa komentar kita dihapus oleh pemilik blog. Kan kasihan jadinya :)

7 komentar:

Jingga mengatakan...

Benar sekali blogwalking sangat efektif utk mningkatkan traffic. Bg sy yg msh pemula, dr pada nunggu dikunjungi mendingan kita kunjungi dulu teman blogger yg lain, saling silahturami...slm.

rickyzone mengatakan...

cument balik mb mut :)

iya mb nie aku jg lg bwt blog,, mohon bimbingannya ya :) klo bisa lngsng dipasngin link di blog mb hehehhe ngarep:P


mohon bimbingannya :)

noego08 mengatakan...

jgn lupa link blog saya yah.
http://noego08.wordpress.com

Aby mengatakan...

Setuju!!
kalo ga blogwalking,, sapa yg mo liat blog aq? hiks...
nice info friend :)
care to x-link?

Gandi Wibowo mengatakan...

Oh pantes... minggu ini kok trafic blog ane naek ya..

Dulu kalo blogwalking gak pernah ninggalin jejak sih, kayak intel gitu (atau pencuri ya) yang cuma mampir baca tulisan, abis dapet ilmunya, cari blog yang baru :))

Sebetulnya kalo saya blogwalking itu gak pernah berniat untuk menaikan trafic, tapi cuma asyik cari ilmu baru aja. Begitu juga soal ninggalin jejak, saya cuma mo ngasih tahu sipenulis kalo tulisannya saya baca, dan (mungkin) bermanfaat untuk saya.

OK deh.. salam kenal aja, hari ini traficnya saya tambah sedikit (Kan saya udah mampir :P)

Dita mengatakan...

Setuju sekali...itung2 nambah kenalan dan silaturrahim....=)

http://sendit.wordpress.com

hnz11 mengatakan...

Setuju banget. Dalam halnya taking and giving, sometimes it's better when you give first, then there will be many things you can take. Ngasih komen ternyata perlu buat bikin si blogger tahu bahwa ada yang ngebaca tulisannya dia dan merasakan manfaatnya. Saya sadar bahwa blogwalking cukup baik untuk menaikkan traffic, khususnya bagi saya yang masih pemula dalam hal blogging. Salam kenal yak...

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger