belbuk

Toko Buku Online

Cara Menghindari SPAM

SPAM atau email sampah sangat menggangu kita karena datangnya bertubi-tubi ke mailbx kita.  Spam datang tanpa kita kehendaki. Isi dari spam tersebut bermacam-macam, dari sekedar menawarkan produk/ jasa hingga penipuan berkedok bisnis kerjasama dari tawaran multi level marketing hingga penyebaran virus. Untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir masuknya spam ke mailbox kita, berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan:

1. Tidak usah merespon/ menjawab/ membalas email yang dikirim dari orang yang tidak dikenal.

2. Waspadalah mengirimkan email “remove”.”unsubscribe” atau sejenisnya ke pengirim spam ( spammer ) justru akan memberikan informasi bahwa email kita aktif kepada mereka, yang akan berakibat semakin membanjirnya spam ke mailbox kita.

3. Jangan pernah membuka atau mengklik link situs yang ditawarkan atau diinformasikan oleh email yang kita tak kenal pengirimnya.

4. Buatlah dan gunakan alamat email yang berbeda untuk tiap keperluan, bedakan email yang digunakan untuk keperluan pribadi termasuk keperlluan sekolah ataupun keperluan pekerrjaan dengan email untuk keperluan mendaftar di mailing list tertentu atau mengisi suatu formulir online disebuah situs.

5. Hindari memberikan alamat email pribadi, ke sembarang orang termasuk memasang di situs (personal ataupun resmi), blog, facebook, friendster ataupum MYSpace.

6. Jika tetap harus mencantumkan email di situs, maka gantilah tanda ‘@’ dengan ‘(at)’ agar tidak terbaca oleh program otomatis yag mendeteksi alamat email milik spammer. Contoh admin[at]mutiarabhuana.com

7. Jika menerima spam lokal (berbahasa Indonesia) segera hubungi tim khusus, penanggulangan spam nasional melalui email: abuse[at]apjil.or.id

8. Apabila diperlukan, pasang software antispam di komputer kita, misalnya software MaillWasher bisa anda searching di mbah google.

9. Aktifkan fitur anti spam dilayanan email yang akan anda lakukan. Biasanya account emai Yahoo,Gmail ataupun hotmail memiliki fitur anti spam.

10. Bacalah informasi terkini tentang perkembangan spam secara global/ international serta penaggulangannya disitus http://spamhaus dot org

2 komentar:

ephieenz mengatakan...

wuih. . . .tipsna ngebantu banget tuh. . . . . .
thank's dah maaen. . . .
maen lagi yah kapan-kapan. . . .

Rumah Islami mengatakan...

trimakasih infonya mas :)

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger