belbuk

Toko Buku Online

Facebook sisi positif dan negatifnya




Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg dan kawan-kawannya, dan dia pernah mengenyam pendidikan di Harvard College walaupun tidak lulus. Yang membuat dia tidak lulus karena hobinya dibidang Teknologi dan Informasi yang membuat dia lupa belajar dan akhir drop out dari Harvard College. Salah seorang kawannya ditarik oleh Barack Obama untuk membuatkan situs barackobama.com pada waktu kampaye Presiden Amerika beberapa waktu yang lalu selain itu Barack Obama menggunakan situs ini untuk kampanyenya. Bagaimana dengan capres-capres kita?



Awalnya facebook haya untuk kalangan mahasiswa Harvard College, dan terus berkembang sampai dengan sekarang dan termasuk situs yang mempunyai traffic yang tinggi. Pada saat tulisan ini ditulis alexa rank facebook pada posisi 5. Sedangkan pada posisi 1 dan 2 ditempati oleh Google dan Yahoo. Pada posisi 3 dan 4 saya gak tahu… situs apa aja. Kuacian d gw :( Mungkin ada di antara pembaca yang tahu?



Banyak sisi postif dan negatif dari facebook. Sisi negatif diantaranya:





  1. Ada karyawan yang dipecat di swiss gara-gara mengakses facebook.

  2. Terjadi pembunuhan, dan ini sudah 2 kali terjadi. Gara-gara sang istri merubah statusnya menjadi single yang menyebabkan sang suami menjadi cemburu.

  3. Waktu banyak terbuang percuma, kalo pengangguran gak masalah, siapa tahu dengan mengakses facebook dapat tawaran kerja :)

  4. Duit habis untuk biaya warnet atau pulsa terutama bagi mahasiswa tetapi lapor dengan orang tuanya habis untuk beli buku hehehhe :)



Sisi positif diantaranya:





  1. Bisa berkumpul dengan teman lama ataupun mantan pacar walaupun hanya lewat dunia maya. Sehingga bisa mengingatkan kenangan lama bagi si dia yang sudah ditinggalkan J Bagi teman-teman yang memang mempunyai akun di facebook.

  2. Terkuaknya misteri pembunuhan oleh polisi. Ini benar-benar terjadi di negara kita, yaitu kasusnya Pembunuh Maria Fransiska Hellen atau Elen (21) yang tewas di halaman parkir Gedung Pacific Place, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.

  3. Sebagai sarana promosi gratis kepada teman-teman kita bagi yang mempunyai jiwa bisnis.



Untuk berjaga-jaga gunakanlah akun facebook anda dengan bijak. Karena informasi pribadi yang kita publikasikan akan menjadi sangat rentan dengan kejahatan. Misalnya informasi-informasi tersebut seperti nomor Telpon/ HP, alamat lengkap dan yang lainnya yang sifatnya pribadi. Dengan terbukanya informasi pribadi kemungkinan jadi sasaran teror menjadi terbuka lebar.

1 komentar:

hnz11 mengatakan...

setuju. yang lebih ditakutkan bukan hanya teror dari pihak tidak bertanggung jawab. melainkan penyalahgunaan informasi atau data pribadi kita untuk hal-hal yang tidak kita sangka (scamming). pencemaran nama baik di internet dapat terjadi dalam waktu singkat dan memulihkannya yang sangat-sangat tidak mudah.

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger