belbuk

Toko Buku Online

Gaji ke-13 Tahun 2009 Bagi PNS

Pemerintah tengah menyiapkan pembayaran gaji ke-13 sekitar Juni untuk pegawai negeri dalam upaya peningkatan kesejahteraan pegawai negeri.

"Gaji ke-13 akan disediakan sesuai dengan prosedur setiap tahunnya," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Menkeu menyatakan hal itu usai rapat kerja dengan Komisi XI DPR membahas RUU tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) di Jakarta, Senin.

Pemerintah biasanya membayarkan gaji ke-13 pegawai negeri pada sekitar bulan Juni sehingga dapat membantu biaya pendidikan bagi pegawai negeri yang anaknya masuk sekolah atau memasuki tahun ajaran baru.

Sementara itu mengenai pengganti Dirjen Pajak, Darmin Nasution yang telah terpilih menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Menkeu menolak menjawab pertanyaan itu.

"Saya tidak bicara soal pengganti Pak Darmin, nanti kalau sudah selesai saya sampaikan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menkeu juga mengungkapkan bahwa dengan perkembangan harga minyak internasional saat ini (sekitar 60 dolar AS per barel), maka pemerintah sudah kembali memberikan subsidi atas harga premium yang saat ini sebesar Rp4.500 per liter.

"Dengan harga yang sekarang, harga premium sudah disubsidi lagi, mekanisme penyaluran subsidi BBM ke Pertamina itu sudah ditetapkan setiap bulannya," katanya.

Sementara mengenai dampaknya ke APBN, Menkeu menyatakan pengaruhnya pasti ada namun sesuai siklus anggaran, dampak perubahan/kenaikan harga minyak itu disampaikan ke DPR pada pertengahan tahun.

"Nanti akan disampaikan kepada dewan pada pertengahan tahun ini dalam bentuk laporan semester, nanti akan kita laporkan pada dewan perubahan-perubahan asumsi makro," katanya.(*)

Sumber:ANTARA News

34 komentar:

Gandi Wibowo mengatakan...

Padahal saya langganan via Email berita2 ANTARA, tapi kok berita yg ini kelewat ya....
Thx mas infonya, Saya PNS nih :p

Nanang mengatakan...

Gaji Ke-13 sebaiknya diberikan pada awal bulan serempak dengan pemberian gaji rutin per bulan, supaya para PNS memiliki anggaran lebih untuk biaya masuk sekolah.

NANAAULIA mengatakan...

kapan nih cairnya bln juni , tapi tgl brapa, itu ygn kita nanti2buat biaya sekolah anak n lain2, makasih

eka rahadiansyah mengatakan...

kok mpe saat ini lum ada edarannya ya...

Haris Setiawan mengatakan...

saya setuju dengan menteri keuangan, gaji PNS dibayarkan dibulan juni, klo perlu awal juni ini, Buat bayar kuliah nih...jgn hiraukan kata JK, dia mah udah terlanjur banyak duit...jd ga mikirin org2 kecil..:)

Khalil990@yahoo.co.id mengatakan...

Untuk gaji 13 jgn hiraukan isu politik krn untuk kebutuhan anak2 kami naik kelas. Berapalah gaji pns tanpa gaji 13? Bahkan kalau bisa ditambah lagi anggaran untuk gaji ke.14 di akhir tahun tutup buku. Slm hangat dari aceh..

Khalil990@yahoo.co.id mengatakan...

Mohon email kontras tempat pengaduan orang hilang

Nanok mengatakan...

Iya,setuju banget kalo ada gaji ke 14 saat menjelang masuk bln ramadhan/lebaran,trus gaji ke 15 saat natal/tahun baru,gaji ke 16 tiap berprestasi,gaji ke 17 & 18 jg perlu dipikirkan saat2 kebutuhan hidup meningkat,karena tanpa gaji ke 14 s/d 18 PNS gak mampu beli apa2,sy rencana tahun ini mau keluar dari PNS krn tak tahan tiap bln dpt gaji yg mengiris hati,gol III B gak mampu beli kebutuhan hari2

Nanok mengatakan...

Menkeu diskriminatif,gaji PNS depkeu dgn PNS biasa bagaikan bumi dan langit,dlm pangkat dan gol yg sama tanpa jabatan PNS Depkeu dpt gaji n tunjangan hgga 7 jt per bulan sdgkn PNS lain cuma dpt 1,7 kalau menkeu merasa hanya depkeu yg bisa menjalankan roda pemerintahan ini silahkan semua pegawai lulusan pajak atau bea cukai jd dokter atau jd guru,semua PNS selain depkeu mengundurkan diri aja semua

Nanok mengatakan...

Krn gaji yg pas pasan itulah mohon doa restunya saya mau keluar dari PNS,gak jadi pegawai negeri juga gak pate'en,buat apa jd pegawai kl gaji cuma bisa buat makan sm kontrak rumah saja,pdhl sy gol III B sudah mau naik ke gol III C,sebelum anak sy beranjak besar maka lbh baik sy keluar sekarang

PNS mengatakan...

pmerintah indonesia pemerintah sakit, byar Gaji Pegawai ja sakit kpala palagi kasi sumbangan to pengidupan yng layak bagi rakyat.

5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat indonesia,, Kagak tuh"""

yang sengsara sengasara trus,,,, yang nikmat maju trus,, macam tikus2 pejabat pemerintah...

Erik mengatakan...

Benar kata mas,sebenarny malah gaji pegawai negara hrus lebih besar dr peg yg lainy.jd peg.negara tdk mikir lg mau cari uang tambahan.malah dikasi fasilitas yg layak kyk rumah dan kendaraan.uda pasti kinerja yg diutamakan.ini gaji gol.3 beda antara depkeu dan pnsd,pns departemen lain. Aneh indonesia tcinta ini.thx

Gunardi mengatakan...

Ga prlu gaji besar,ga prlu kmewahan,n ga prlu sgala mcm keluhan..tp yg qt plu adalah pengabdian,dedikasi,dan loyalitas qt tuk negeri ini..

Khalil990@yahoo.co.id mengatakan...

Masalah gaji ke 13 sudah kami tanyakan ke bendahara, katanya "surat edaran belum nyampek". Kalo begini caranya, kapan sampe ke ujung sumatra? Salam gayo

sunarna mengatakan...

Ujung Sumatera....? yang di pinggiran Jakarta saja belum jelas sampe sekarang..! tunggu surat perintah membayar.......! Tapi Alhamdulillah walau tidak awal bulan Juni ini, tetep cair.

bambang sumarsono mengatakan...

seneng banget sebagai hiburan dari kesengsaraan yang berlarut-larut. Jadi PNS tidak mungkin dapat berkembang kehidupannya kecuali yang punya jabatan dan bisa dikorupsi. Padahal yang namanya hidup harus ada perkembangannya layaknya mahluk hidup yang terus berkembang

opay mengatakan...

aduuuuh... itulah keinginan manusia yg tidak pernah puas. ada gj ke 13, minta 14, 15, 16 17 dll... tp kinerjanya te2p krg... makanya trjadi korupsi d mana2 krna mengikuti gaya hidup n kebutuhan hidup yg trlalu ..... tp stuju jg tuh kl gj 13 itu d byrkan brbarengan dgn gaji sih... cm koq smpai skg aja blm ada tnda2nya ya ? cm d tv n media aja yg rame... jgn2 tv n media yg mau byrin...

yennychoy mengatakan...

kapan yach...gaji 13 dibayarinn

iren mengatakan...

bener sih gaji PNS pas-pasan. namun Masih banyak saudara2 kita dari profesi non PNS lebih susah dari kita. Bersyukur adalah titik kepoasan yang tertinggi. coba perhatin para sopir, pedagang sayur, kaki lima, dll. terus berjuang untuk terus hidup. soal gaji 13 harus dibayarkan sesuai aturannya.

Arief mengatakan...

Kalau tengah tahun begini banyak orang bicara Gaji ke 13, tapi ada yang lebih baik dari pada Gaji ke 13, yaitu ; bagaimana kalau Tunj. Istrei + anak yang dinaikkan, kapan sudah reformasi...Tunj belum reformasi.. he..he....

Abdul Cholik mengatakan...

-Alhamdulillah gaji ke-13 soalnya bulan ini banyak pengeluaran je.
-blog yahuuuud dgn artikel2 menarik mdan bermanfaat
-Maju terus
-salam

Mega mengatakan...

saya seh bersyukur juga adanya gaji ke 13 karena ini sangat membantu untuk keperluan sekolah, dari pada saya harus pinjam ke bank, saya mensyukuri nikmatnya, pns harus terima kasih juga sama pemerintah sekarang masing memperhatikan, coba kalau lihat kebelakang mana ada pns di perhatikan, paling jadi anak tiri aja....pinjaman ke bank2 kurang dipercaya, tapi sekarang alhamdullilah PNS sudah ada kemajuan dan sedikit sejahtera.

Wawan Herawan mengatakan...

dengan adanya gaji ke 13 sangat membantu sekali bagi pns, saya sangat bersukur sekali. kalau bisamah tiap tahun ada.

Pudrayani mengatakan...

Gaji k 13 adlah rezeki yg patut kita syukuri.. Tp smpe skrng kok blm d byar2 y!?

ismail mengatakan...

gajih pns gak sama brooo..byangkan dep. tertentu gajihnya wahh, (depku, pajak, pariwisata,ma, jaksa, hakim)..padahal dep. itu tmp. sarangnya korupsi & gampang cri sampingan.....gak adil kan..pintar pembuat kebijakan, namanya bukan gajih tapi uang kinerja...cb tentara gk ada yang mikirin....

arland mengatakan...

makanya tembak2in aja pak orang yg buat kebijakan itu.. hehehhehhe

arland mengatakan...

hari ini edaran gaji 13 udah kluar.. lihat di situsnya depkeu..kalo ngurusnya cepet minggu ini pasti dah bisa dipakai buat jajan...selamat menikmati bro.............

axe mengatakan...

what.........Uuuuuuuuuuuuuuang jajan !!!!!!!!! short time short .................

Didi mengatakan...

Gaji 13 Realisasinya kpn ya ?

Bilqis mengatakan...

Alhmd... Gaji 13 mau cair,bisa buat ongkos suami PAM perbatasan.N md2n gaji TNI jd naik y... Aamiin

fatimah mengatakan...

saya juga menantikan gaji13, kira2 kapan ya... eh ada isu gaji TNI mau naik (kl ngak salah gaji terendah 5 jt n tertinggi 28 jt) saya juga pernah lihat selebarannya. Apa bener nih.. kalau bener gaji PNS juga hrs naik dong..he..he.. gosip aja kali ya..

Mohammad Syarif Tjan mengatakan...

Saya adalah pegawai Negeri Sipil ( PNS ) Kota Ternate yang saat ini dah Golongan III C dengan ini memohon kiranya pemerintah tidak menipu dan meninabobokan PNS dengan Gaji 13. Dimata saya, Gaji 13 hanyalah skenario pembodohan terhadap keuangan negara. Dengan gaji 13 pemerintah mencoba mencitrakan dirinya sebagai pemerintah yang memperhatikan kesejahteraan pegawainya. Padahal kalo ditelusuri, kenaikan gaji 15 % dengan Gaji 13. tidak ada bedanya. Jika gaji 13 di bagi 12 bulan maka didapat angka yang persis dengan kenaikan gaji 15 %. Keanapa pemerintah tidak menaikan saja gaji PNS secara signifikan sehingga tidak ada lagi yang namanya gaji 13. kasian rakyat yang bukan PNS, kedengarannya diskriminatif. Oleh sebab itu dengan komentar ini :SAYA MENYATAKAN MENGEMBALIKAN GAJI 13 saya untuk Tahun 2009 ini KEPADA DEPARTEMEN KEUANGAN. Untuk kejelasan selanjutnya dapat menghubungi saya di No 081227704479. makasih

Ruang Hati Berbagi mengatakan...

kabar gembira bagi yg menerima, sayang aku bukan pns hiks

redaksi mengatakan...

AWAS!!! NUANSA POLITIK GAJI KE-13


Pemerintah menyediakan anggaran Rp.143,8 triliun untuk gaji pegawai tahun 2009. Pencairannya akan dilaksanakan pekan ini. Seluruh Pegawai Negari Sipil, TNI, Polri, pensiunan, tenaga honorer dan 14 pejabat lain termasuk Presiden, wakil presiden beserta menteri-menteri kan menikmati gaji tersebut.

Namun, ada nuansa berbeda dengan pencairan gaji ke-13 kali ini, yaitu saat mendekati pemilihan presiden dan wakil presiden. Benarkah ini bermuatan politis???

Bagai udang dibalik batu, begitulah motif pemberian gaji ke-13. Sebagai bentuk upaya mensejahterahkan abdi negara, meringankan beban kebutuhan, selain itu, motif politik begitu kental mewarnai pencairan gaji tersebut. Surat edaran Dirjen Perbendaharaan Negara, yang menyatakan bahwa pembayaran gaji ke-13 dilakukan pada bulan juni dan paling lambat juli 2009, mendekati masa pilpres. Pernyataan itulah yang mengundang reaksi bahwa ada makna politis di balik pencairan gaji ke-13 tahun ini.

Tidak bisa dielakkan lagi, pencairan gaji ke-13 akan mempengaruhi opini publik. Bisa jadi sebagian masyarakat menelan mentah-mentah kebijakan itu, sehingga akan mempengaruhi keputusan politiknya saat pilpres 9 juli nanti. 3,7 juta Pegawai Negeri Sipil se-Indonesia, belum lagi ditambah jumlah keluarga, anak-istri-suami dan lainnya kalau dirasionalkan dalam satu suara, akan menghasilkan keputusan yang signifikan.

Dengan demikian, prosesi pilpres yang bersih dan transparan hanya tinggal impian. Kebijakan politik ini jelas hanya menguntungkan calon incumbent.

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger