belbuk

Toko Buku Online

Mengamankan System Restore Windows

Pada system operasi berbasis windows ada yang dinamakan system restore. System restore memungkinkan pengguna mengembalikan pengaturan windows ke kondisi sistem operasi yang masih sangat sehat. System restore juga menjaga keselamatan program dan data yang tersimpan dalam sistem. Cara pakainya gampang tinggal klik saja di restore point di system restore dan dalam sekejap akan kembali fresh system operasi komputer kita.

Melihat fungsinya yang begitu penting, akan sangat beresiko jika kita membiarkan layar konfigurasi ini tetap aktif pada komputer yang diakses banyak orang misalnya di warnet, kantor, sekolah. Pengguna dapat dengan mudahnya kembali ke suatu restore point yang kondisinya tidak sesuai dengan pengaturan yang susah-susah kita atur. Apalagi jika di komputer tersebut sudah banyak program yang kita install dan programnya sangat susah kita dapatkan.

Agar itu tidak terjadi, sembunyikan layar konfigurasi System Restore, walaupun begitu trik ini tidak akan menonaktifkan system restore da tetap akan berjalan di belakang layar. Untuk ituIkuti langka-langkah berikut ini untuk mengkonfigurasinya:

a. Pada menu start – run ketik “gpedit.msc” tanpa tanda petik.
b. Masuk ke folder local Computer Policy\Computer Configuration\Adminitratif Tempaltes\System\System Restore.
c. Double klik “Turn off Configuration” kemudian pilih “Enabled”.
d. Lalu klik “OK”

Untuk pembuktian coba buka system restore, lalu coba restore pasti system restore point tidak akan merespon perintah tersebut. Untuk kembali mengaktifkan system restore lakukan perintah diawal tadi dengan memilih “not configured” pada perintah huruf b di atas.

1 komentar:

wahyu a mengatakan...

kunjungan pagiiii....

nice infoooooooooooooo :D

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger