belbuk

Toko Buku Online

Mengarsipkan Pembicaraan di Yahoo!Messenger

Arsip adalah data, catatan, dan atau keterangan yang dibuat atau diterima oleh perusahaan dalam rangka pelaksanaan kegiatannya, baik tertulis di atas kertas atau sarana lain maupun terekam dalam bentuk corak apapun yang dapat dilihat, dibaca, atau didengar. Begitupun di Yahoo!Messenger terdapat arsip. Arsip di Yahoo!Messenger yang bisa kita liaht di kemudian hari adalah arsip SMS, arsip pesan pada waktu kita chatting, dan arsip konferensi. Secara standar Yahoo!Messenger punya tiga cara untuk pengarsipan pembicaraan.

Cara pertama adalah tanpa pengarsipan. Pilihan ini disediakan agar jejak pembicaraan dalam Yahoo!Messenger tidak dapat diketahui oleh orang lain.

Cara kedua adalah pilihan standar yang aktif saat YM diinstall dalam sistem, yaitu mode untuk menyimpan catatan hingga keluar. Arsip chat yang anda lakukan tersimpan selama anda aktif chatting di Yahoo! Messenger. Begitu keluar semua arsip akan dihapus. Pilihan ini merupakan pilihan default Yahoo!Messenger.

Pada komputer pribadi, cara kedua kurang bagus untuk digunakan. Sebab, catatan pembicaraan hanya tersimpan sementara saja. Padahal ada kalanya pembicaraan kita dengan seseorang perlu kita simpan untuk sesuatu hal. Terutama pembicaraan dengan pacar untuk mengingat memori lama. Ceileee….. suit…suit

Solusinya, anda dapat menyimpan arsip secara manual melalui menu [Save as]. Hasilnya, anda dapat melihat arsip pembicaraan di YM dikemudian hari tetapi cara ini tidak praktis.

Cara yang lebih mudah dan menyeluruh adalah dengan mengaktifkan fitur arsip di Yahoo! Messenger, caranya:

a. Jalankan Yahoo!Messenger anda, kemudian login dengan id dan password anda.
b. Setelah muncul messenger anda klik menu Messenger – preferences
c. Pada Menu preferences yang muncul klik kategori archieve
d. Pilih Yes, save all my messages yang terdapat di sisi kanan untuk menyimpan arsip.
e. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Dengan pengaturan ini segala aktifitas chatting, SMS, dan konferensi tidak akan hilang kecuali anda yang menghapusnya.

2 komentar:

Blogger Magazine mengatakan...

wah.. tips yang bermanfaat nih..
jarang utak-atik YM.. :P

ian mengatakan...

loh, ternyata bisa diarsipkan juga ya?

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger