belbuk

Toko Buku Online

Teknologi ADSL

Kepanjangan ADSL adalah Asymmetric Digital Subscriber Line, sebuah teknologi yang memungkinkan data kecepatan tinggi dikirim melalui kabel telepon. ADSL memungkinkan untuk menerima data sampai dengan kecepatan 1.5-9 Mbps (kecepatan downstream) dan mengirim data pada kecepatan 16-640 Kbps (kecepatan upstream)

ADSL membagi frekuensi dari sambungan yang digunakan dengan asumsi sebagaian besar pengguna internet akan lebih banyak mengambil (download) data dari internet daripada mengirim (upload) data ke internet. Oleh karena itu, kecepatan data dari internet biasa sekitar tiga sampai empat kali kecepatan ke internet. Karena kecepatan upstream dan downstream tidak sama, digunakan istilah Asymmetrik.

Untuk mengerti ADSL, kita mungkin perlu mengetahui sedikit tentang telepon. Salah satu cara yang digunakan oleh kantor telepon agar kualitas sambungan tetap baik dan tidak terjadi banyk interfensi adalah membatasi frekuensi yang dibawa kabel telepon. Lebar frekuensi suara manusi sebetulnya relatif sempit hanya 0-3400 Hertz. Sementara, lebar fekuensi musik/ stereo biasanya anatar 20-20.000 hertz. Sementara kabel telepon yang kita gunakan sebetulnya mampu untuk dilalui samapi beberapa juta hertz.

Peralatan komunikasi modern mengirimkan data menggunakan mode digital, tidak analog, oleh karena itu dapat menggunakan kapasitas kabel telepon yang berlebih itu tanpa terganggu oleh interfensi. Jadi ADSL pada dasarnya hanya mengeksploitasi kapasitas extra yang dimiliki kabel telepon tanpa mengganggu kabel dan pembicaraan telepon.

ADSL adalah teknologi yang terpengaruh oleh jarak. Sejalan dengan bertambah jauhnya pelanggan dari sentarl ADSL, kualitas sinyal menurun dan kecepatan juga turun. Tergantung jenis/ diameter kabel yang dihunakan, batas terjauh untuk ADSL adalah sekitar 5,5 km.

Keuantungan ADSL
1. Anda dapat tersambung ke internat, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima/ menelepon.
2. Kecepatan jauh lebih tinggi dari modem biasa.
3. Tidak perlu kabel telepon baru, ADSL memungkinkan menggunakan kabel telepon yang ada.
4. Beberapa ISP ADSL akan memberikan modem ADSL sebagai bagian dari installasi.

Kerugian ADSL
1. Sambungan ADSL akan bekerja dengan sempurna jika lokasi kita cukup dekat dengan sentral telepon. Paling tidak dalam jarak 2-3 km bentangan kabel biasanya cukup aman untuk digunakan ADSL sampai kecepatan sekitar 8 Mbps. Teknologi DSL yang baru dapat mengirimkan data pada kecepatan sangat tinggi sampai dengan 100 Mbps. Tentunya untuk jarak yang sangat pendek.
2. Sambungan ADSL lebih cepat untuk menerima data daripada mengirim data melalui internet.
3. Kabel tembaga tua dapat menurunkan kualitas sambungan dan menurunkan kecepatan.
4. Jasa ADSL tidak ada diwilayah yang tidak ada kabel telepon.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger