belbuk

Toko Buku Online

Mengamankan Laptop dari Virus

Semua komputer yang terhubung dengan internet lebih rentan terhadap serangan virus, begitupun juga dengan laptop. Karena laptop lebih gampang terhubung dengan internet melalui koneksi Wi-Fi. Dengan koneksi Wi-Fi inilah paling rawan terserang oleh virus. Dengan Internet semakin mempermudah untuk penyebaran virus, apalagi saat ini, sebuah virus sudah dapat menyebarkan dirinya ke seluruh jaringan komputer dalam hitungan beberapa detik.

Untuk membersihkan sebuah laptop dari infeksi virus memang tidak semudah membersihakan virus yang menyerang komputer dekstop. Jika komputer dekstop terinfeksi virus cukup parah dan bila antivirus yang diinstall pada PC tidak mampu, biasanya melepas harddisk dan meng-slave-kannya pada komputer yang bersih untuk di scan. Tapi langkah tersebut tidak mudah untuk laptop, karena untuk mengambil harddisk yang ada di dalam laptop tidaklah gampang.

Ada beberapa langkah untuk mengantisipasi serangan virus. Antisipasi ini untuk mencegah virus masuk dan menginfeksi sistem laptop Anda. Gunakanlah antivirus yang terekomendasi bagus dan handal. Anda bisa menggunakan antivirus yang tersedia gratis di internet.

Pertama, lakukanlah backup data secara rutin. Hal ini akan mencegah Anda kehilangan data penting apabila laptop Anda ternyata masih terinfeksi virus. Jika sering menggunakan disket, flashdisk, harddisk eksternal, pada komputer/laptop yang dipakai oleh banyak orang, ingatlah selalu untuk melakukan scanning antivirus pada media penyimpanan tersebut sebelum Anda menjalankannya pada laptop kesayangan Anda.

Kedua, waspadalah terhadap lampiran/attachment email. Sampai saat ini, lampiran email merupakan sarana yang paling disukai oleh pembuat virus untuk menyebarkan virus buatannya. Disamping mudah menipu penerima email, penyebaran via lampiran email juga berlangsung sangat cepat. Jangan pernah membuka suatu lampiran email sebelum melakukan scanning dengan program antivirus, walau email tersebut datang dari sahabat Anda sekalipun.

Ketiga, berhati-hatilah saat mendownload program gratisan yang banyak ditawarkan di internet. Selalulah mendownload dari situs yang terpercaya berdasarkan review banyak orang. Lakukan scanning installer program tersebut sebelum dipasang di komputer.

Keempat, saat melakukan browsing, maka sebaiknya berhati-hati terhadap website atau link yang disebar via program messangger.

Kelima, jika sudah tidak mampu lagi dengan anti virus jalan terakhir adalah dengan instal system operasi laptop anda. Itu adalah jurus terakhir.

Ikuti kontes review produk berhadiah notebook/laptop GRATISSSSSSS. Baca info selengkapnya di http://mutiarabhuana.com/2009/06/06/netbook-advan-vanbook-a1n70t-dari-alnect-komputer/

4 komentar:

stop dreaming start action mengatakan...

Keren tipsnya boleh di coba

mashengky.com mengatakan...

sering hal2 yang kecil tidak kita perhatikan baik2 dan menimbulkan masalah besar.
jika ingin bebas virus, anda bisa tukar OS nya menjadi linux atau mac OS hehehe

Omiyan mengatakan...

hhmm makasih infonya maklum baru mau beli laptop

humor lucu mengatakan...

tips yang kelima : sering-seringlah mampir di blog ini, dijamin banyak ilmu ttg itu

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger