belbuk

Toko Buku Online

Tips Memperlambat Kerusakan Baterai Notebook

Daya simpan battery notebook akan menurun, walaupun battery notebook anda tidak pakai apalagi jika dipakai terus menerus. Hal itu karena jam battery mulai bergerak pada saat dirakit. Elemen didalam battery akan bereaksi, dan lambat laun battery tersebut tidak akan mampu mensuplai power yang cukup untuk notebook. Battery notebook dirancang untuk bertahan antara 300-800 kali siklus charge/recharge. Lambat laun akan berkurang kemampuannya untuk mensuplai daya ke notebook.

Battery notebook secara umum akan bertahan antara satu sampai tiga tahun. Mungkin anda bisa memperlambat penurunan kemampuannya, tapi tidak bisa menghentikan prosesnya. Suhu baterai, cara dan frekuensi pemakaian notebook akan mempengaruhi panjang pendeknya usia baterai. Untuk memperlambat proses penurunan daya battery notebook ikuti tips berikut ini:

1. Suhu rendah akan memperlambat proses discharge (kehilangan daya ketika dipakai tanpa dihubungkan ke power listrik) dan proses penuaan dari elemen didalam baterai. Sebaliknya, suhu tinggi akan memperpendek usia baterai. Membiarkan baterai notebook terpasang ketika terhubung dengan power listrik akan menyebabkan suhu didalam baterai meningkat. Melepas dan menyimpan baterai pada suhu dingin akan memperlambat proses penuaan. Membiarkan notebook pada lingkungan yang panas juga tidak baik untuk baterai.

2. Baterai Lithium-Ion yang digunakan didalam notebook dirancang untuk dapat digunakan sekitar 300-800 kali siklus charge/discharge. Beberapa siklus ini sudah digunakan ketika Anda membiarkan baterai terpasang ketika notebook menggunakan daya power listrik. Pada saat terhubung dengan power listrik, notebook akan secara rutin melepaskan baterai ketika sudah mencapai level penge-charge-an tertentu (contoh: 95%). Melepaskan battery dan menyimpannya dalam tempat yang kering dan dingin akan melindungi beberapa siklus.

3. Battery Li-Ion tidak dipengaruhi oleh efek memori (baterai perlu dipakai sampai habis sama sekali sebelum diisi lagi untuk menghindari penurunan kapasitas) seperti baterai isi ulang model lama. Pengulangan siklus isi-pakai hingga habis akan meningkatkan hilangnya kapasitas per-siklus. Beberapa kali ‘isi-pakai sebagian’ lebih baik daripada satu kali ‘pakai habis’. Bagaimanapun, Anda juga harus mengkalibrasi baterai secara rutin.

Ikuti kontes review produk berhadiah notebook GRATISSSSISSS. Baca info selengkapnya di http://mutiarabhuana.com/2009/06/06/netbook-advan-vanbook-a1n70t-dari-alnect-komputer/

3 komentar:

zoel mengatakan...

blom punya laptop :D

maxall mengatakan...

wah belum punya boz.moga sukses aja kontesnya

pakwo mengatakan...

Salam bahagia, terima kasih informasinya mas, tapi ada saran dari teman kalau tidak digunakan mendingan dipas saja dari notebook.Apa benar tu mas...

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger