belbuk

Toko Buku Online

Virus dan Worm pada Mac

Hampir semua sistem operasi komputer tidak ada yang kebal dari virus. Pengguna Mac tak lagi boleh sesumbar bahwa perangkatnya kebal virus. Sebuah virus merangkap worm sudah berhasil menyerang platform OS X, sistem operasi pilihan pada Mac sejak Januari lau. Virus ini menyebar via software iWorks ’09 ilegal dan juga Adobe Photoshop CS4 for Mac. Sekitar 5000 Mac sudah berhasil diinfeksinya.

Untungnya virus Mac ini amatiran. Kendati mencoba mencuri alamat e-mail, merekam ketukan kunci (keystroke), dan mengirim dirinya sendiri via hardisk yang terpasang. Trojan yang dibuat dalam RealBasic ini tidak mampu menyebar secara mandiri. Dijuluki Tored, worm yang merangkap trojan ini diyakini adalah botnet Mac pertama.

Virus ini mungkin adalah trojan “email aware” pertama yang menyerang Mac. Beberapa tahun lalu memang ada beberapa trojan khas Apple, tetapi tampaknya yang satu ini adalah virus pertama yang juga berubah menyerupai worm. Kendati tidak berbahaya, perilakunya mencerminkan jenis serangan baru pada platform Mac.

Tetapi Tored bukanlah ancaman yang sangat serius dan mungkin tidak akan ada yang mengalaminya. Ancaman yang lebih serius bagi pengguna Mac adalah trojan yang ditanamkan pada website yang menawarkan download an menarik.



Ikuti kontes review produk berhadiah netbook GRATISSSS….TISSS. Baca info selengkapnya DI SINI

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger