belbuk

Toko Buku Online

Cara Membuat Password Agar Susah Ditebak

Hati-hati dalam membuat password. Password dapat diciptakan dari kata-kata apa saja. Baik itu tanggal lahir, tempat lahir, bahkan sampai nama hewan peliharaan Anda. Namun, sadarkah Anda apabila password yang Anda buat menggunakan informasi pribadi tersebut dapat membahayakan data Anda?

Saat Anda membuat suatu account, biasanya Anda akan diminta mengisi sebuah field yang dapat membantu Anda mengingat password (bila lupa).Namun, tools yang dapat membantu Anda tersebut dapat menjadi penghancur juga.

Misalkan Anda memiliki sebuah account Facebook. Bayangkan apabila ada orang iseng atau orang jahat yang ingin hack account Anda. Orang tersebut tinggal melihat hint yang ada, kemudian tinggal mencari informasi untuk membobol account Anda. Mudah saja, orang tersebut tinggal melihat informasi yang ada di account Anda (biasanya informasi paling rahasia sekali pun dibagi di profile). Atau, misalnya, password Anda merupakan nama hewan peliharaan Anda. Orang tersebut tinggal menanyakan nama hewan peliharaan Anda dengan cara melakukan private message atau meninggalkan pertanyaan di Wall Anda. Orang tersebut tinggal menyamar menjadi sesama penyuka hewan dan dengan sedikit berbincang, pasti Anda akan tertipu untuk memberikan rahasia Anda tersebut.

Untuk membuat sebuah password, terdapat beberapa tips yang sangat manjur. Mari kita simak beberapa tips tersebut.

1. Usahakan panjang karakter password Anda sebanyak 12 karakter. Sampai saat ini, komputer cukup sulit untuk “menebal” password dengan karakter sepanjang itu. Komputer hanya butuh waktu beberapa jam untuk memecahkan password dengan panjang karakter kurang dari 12.
2. Lupakan menggunakan informasi pribadi Anda, seperti nama ibu, nama hewan peliharaan, tanggal lahir, dan sebagainya. Informasi pribadi dapat ditemukan dan dicari dengan mudah.
3. Kombinasikan karakter dalam password Anda menggunakan huruf, angka dan simbol. Contoh simbol : !@#$%^
4. Jangan malas untuk mengganti password Anda secara berkala.
5. Kombinasikan tips no 1 dan no 3. Dengan menggabungkan sebuah kata yang panjang yang menggunakan huruf, angka, dan simbol akan sangat sulit untuk ditebak. Contohnya : ch!p0nl1n3

Sumber:chip.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger