belbuk

Toko Buku Online

Hati hati Facebook Mulai Dijangkiti Virus

Sekarang setiap operating sytem/ aplikasi hampir semua sudah terjamah oleh virus. Begitupun dengan Facebook. Hacker kian gencar melakukan berbagai cara untuk bisa menyusup melalui media apa saja untuk menginfeksi dan mengacaukan sistem komputer. Facebook sebagai situs jejaring yang tengah populer pun tak luput dari sasaran hacker.

"Menerima aplikasi semacam hadiah virtual atau link berisi video-video menarik yang dikirimkan melalui Facebook adalah hal yang menyenangkan bagi para penggunanya. Namun Anda patut berhati-hati karena hacker memanfaatkan pengiriman aplikasi dan link sebagai media untuk menyebarkan virus," kata Global Director of Education dari perusahaan keamanan internet Trend Micro, David Perry.

Juru bicara tersebut mencontohkan ketika beberapa waktu silam para pengguna Facebook sempat menjadi sasaran jenis virus baru bernama Koobface worm dan sejumlah aplikasi aneh berisi virus jahat. Oleh karenanya, baik Trend Micro maupun Facebook menghimbau agar para pengguna Facebook berhati-hati dalam mengelola dan memberikan informasi dalam akun mereka.

Seperti yang dilansir oleh CBC, Rabu (15/7/2009) mereka memberikan beberapa saran agar terhindar dari infeksi virus jahat yang disebarkan melalui Facebook.

1. Berhati-hatilah dalam menginstal aplikasi. Yang terbaik adalah tidak menginstal aplikasi Facebook yang dikirimkan oleh orang tidak dikenal terutama bagi aplikasi-aplikasi aneh yang tidak umum terdapat dalam Facebook.

2. Cek lebih teliti sebelum menginstal aplikasi. Sebelum menginsatal aplikasi Facebook, pertama kalli yang harus dilakukan adalah mengecek daftar dan review hasil scan. Bacalah dengan teliti sebelum Anda menginstalnya. Jika tidak, virus akan mudah mengintai Anda.

3. Tidak mengklik link yang terlihat aneh. Jika dirasa link tersebut terdapat kejanggalan, lebih baik jangan mengkliknya. Jika dikatakan link tersebut berasal dari salah satu teman Anda, sebaiknya konfirmasi terlebih dahului pada teman tersebut. Bisa saja si pengirim link berpura-pura menjadi teman Anda.

4. Pastikan aplikasi itu bukanlah sesuatu yang mengharuskan Anda untuk melakukan verifikasi identitas yang lengkap dan rahasia. Anda patut berhati-hati dengan infirmasi yang diposting ketika akan mengakses game Facebook dimana para penggunananya harus membagi 25 fakta secara acak berkaitan dengan diri dan teman-teman Anda.

5. Beri pertanyaan tambahan untuk melindungi akun Anda. Cara ini akan membantu untuk membuktikan identitas andai sewaktu-waktu informasi akun Anda dicuri orang lain.

6. Laporkan setiap spam dan kejanggalan yang Anda temukan pada akun Anda melalui link yang telah disediakan oleh Facebook.

7. Waspada dengan situs-situs yang mirip dengan Facebook. Jangan mudah memasukkan password kecuali Anda benar-benar yakin berada dalam situs Facebook yang asli.

8. Lindungi password Anda. Jangan gunakan password yang sama dengan yang Anda gunakan untuk situs lain. Yang lebih penting lagi, jangan pernah memberitahukan password pada siapapun.

9. Meski Anda tidak menggunakan Facebook, ada baiknya membuat profil pada situs-situs tertentu. Hal ini untuk menghindari agar tidak ada orang yang menggunakan nama dan profil Anda untuk mengelabui orang lain.
Sumber:okezone.com

1 komentar:

eenx mengatakan...

Ih.... serem juga

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger