belbuk

Toko Buku Online

Mengamankan komputer dengan sidik jari

Secara umum untuk melindungi akses ke komputer saat ini adalah memakai password pada BIOS dan ke sistem operasi. Namun password seperti ini rentan terlupa, hilang, atau diketahui mereka yang tidak berhak (sehingga data dalam PC maupun jaringan berisiko diketahui dan juga dibajak orang lain). Agar lebih aman, selain password, gunakan pula penjejak sidik jari (fingerprint) yang kini telah tersedia dalam modul USB seperti U.are.U 4500 dari Fingerspot ini.

Sebenarnya metode proteksi seperti Fingerspot U.are.U 4500 sudah lama ada. Namun pihak vendor telah memperbarui software pendukungnya, DigitalPersona Pro, agar juga dapat mendukung sistem proteksi pada jaringan.

Umumnya, proteksi ke server hanya memakai password sebagai otorisasi. Nah, dengan sistem DigitalPersona Pro, proses pemeriksaan ini dilakukan dengan pemeriksaan sidik jari penggunanya. Verifikasi sidik jari ini memakai algoritma khusus dan bukan sekadar image 2D biasa.

Akibatnya percuma saja mencoba meniru bentuk sidik jari dengan bahan apa pun. Modul USB U.are.U 4500 pun sudah dikembangkan agar tak bisa ditiru begitu saja karena modul ini akan langsung rusak begitu Anda mencoba membongkarnya.

Saat instalasi dilakukan, baik pada client maupun server, sistem DigitalPersona Pro akan meminta pemakai menempelkan jari pada bagian scanner untuk dipakai sebagai jejak rekam. Anda bisa memasukkan satu jari atau 10 jari tangan agar proses identifikasi bisa lebih fleksibel.

Siapa pun yang tidak mendaftarkan sidik jarinya pada alat ini dijamin gagal masuk ke sistem, sehingga percuma membagi password ke rekan Anda. DigitalPersona juga bekerjasama dengan Microsoft agar sistem fingerprint ini bisa dipakai untuk beragam aplikasi Windows. Sayangnya ini belum berlaku untuk Linux.

enggunakan solusi Fingerspot U.are.U 4500 efektif untuk mencegah data diakses sembarangan. Di samping itu, juga terdapat dukungan software pengembangan (SDK) yang memudahkan pengguna mengembangkan sendiri bentuk aplikasi pengaman yang diiinginkan.

1 komentar:

Lex dePraxis mengatakan...

Thanks for the info. Hmmm, ada tips untuk menjaga kualitas hard disk supaya lebih tahan lama?

Lex dePraxis
Romantic Renaissance

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger