belbuk

Toko Buku Online

Menjaga Mata Saat Berkomputer

Apakah adan termasuk orang yang sangat aktif bercengkerama dengan komputer? Jika ya. Berarti bersiap-siaplah, karena mata ada akan cepat rusak jika terlalu sering berhadapan dengan monitor karena efek dari radiasi monitor yang kita pandangi setiap hari. Ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk terus menjaga kondisi kesehatan mata Anda, yaitu:

Gunakan ruangan yang memiliki cahaya yang cukup
Cukup di sini berarti tidak menggunakan cahaya yang kurang, juga berlebihan. Apabila Anda bekerja di ruangan yang gelap atau terlalu terang, maka mata Anda akan bekerja lebih keras dari biasanya. Untuk peletakkan lampu, sebaiknya letakan di atas kepala Anda.

Gunakan filter monitor
Cahaya yang terlalu terang dari layar monitor dapat membuat mata Anda bekerja keras juga. Oleh sebab itu, diperlukan filter yang dapat menyerap cahaya yang berlebihan dari layar monitor, jadi bukan hanya filter yang meredupkan monitor saja.

Selalu cek monitor Anda
Jangan malas untuk cek monitor Anda. Sekali-kali bandingkan dengan monitor lain. Apabila monitor Anda tampak buram atau lebih gelap dari biasanya, segera ganti monitor Anda. Jangan lupa bersihakan monitor Anda dari debu dan kotoran.

Letakkan monitor Anda di posisi yang tepat.
Layar monitor harus membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus Anda. Dengan sudut seperti itu, mata Anda tidak akan cepat lelah. Selain itu dapat membantu kenyamanan bahu dan leher Anda.

Gunakan font yang cukup besar
Dengan menggunakan font tulisan yang cukup besar, maka Anda tidak memaksa mata Anda untuk bekerja keras. Jangan paksa mata Anda bekerja keras untuk melihat tulisan dengan ukuran kecil.

Mata Anda juga butuh istirahat
Jangan kucek-kucek mata Anda. Hal tersebut dapat merusak retina mata Anda. Usahakan untuk terus berkedip untuk menurunkan ketegangan dan menjaga mata agar tetap basah dan sejuk. Alihkan pandangan Anda ke tempat yang jauh untuk membuat mata Anda relaks.

1 komentar:

rusli zainal sang visioner mengatakan...

tiap hari saya kerja di depan kompi. wah keren-keren mas tipsnya
terutama poin terkhir, ini yang cukup sulit. kalau mata sudah gatel sangat.
tangan engga mau diajak kompromi lagi

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger