belbuk

Toko Buku Online

Menghindari Email Berisi Berita Bohong

Berita palsu yang dibuat sedemikian rupa sehingga seakan-akan mengandung kebenaran atau yang biasa disebut Hoax . Hoax biasanya sering dikirimkan lewat email dan kadang-kadang terasa mengganggu. Berikut ini tips untuk menghindari email hoax tersebut:

Jangan mudah percaya. E-mail berantai biasanya tidak menyertakan nama atau nomor telepon pengirim sebenarnya, jadi tidaklah mudah untuk memeriksa keasliannya. Isi e-mail yang asli, biasanya memiliki informasi lengkap tentang pengirimnya dan bahkan dilengkapi tanda tangan digital untuk memeriksa keasliannya. Jika nama pengirimnya diketahui namun keasliannya masih diragukan, Anda dapat menanyakan pada yang bersangkutan darimana ia mendapatkan informasi tersebut.

Metode cepat kaya yang tidak sepadan dengan waktu dan usaha. Jangan mudah percaya dan segera hapus. Multi-level Marketing (MLM) seringkali mencari mangsa dengan e-mail. Jadi, jangan coba-coba menghubungi atau menjawab e-mail dari orang yang tidak dikenal.

Jangan membuka e-mail yang memiliki attachment dari orang yang tidak Anda kenal. Ini penting. Ada beberapa kasus di mana terdapat e-mail yang memperingatkan user dari bahaya virus namun secara diam-diam virus tersebut menginfeksi PC penerimanya, sementara user yang bersangkutan sibuk membaca atau memforward e-mail.

Jangan memberikan informasi kartu kredit Anda jika tidak yakin website tersebut asli. Jangan merespon e-mail yang meminta Anda untuk memperbaharui info kartu kredit Anda melalui e-mail atau meminta Anda untuk pergi ke website tertentu untuk mencek ulang informasi pribadi Anda.

Cek kebenarannya terlebih dahulu. Sebelum Anda mengirim pesan tentang seorang anak yang menderita kanker, lakukan pencarian terlebih dahulu di Internet. Kemungkinannya Anda akan mendapati website yang membahas kejadia serupa.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger