belbuk

Toko Buku Online

Mengorek Telinga Terlalu Dalam Menyebabkan Ketulian

Mengorek telinga terlalu dalam rentan terkena risiko ketulian. Hal ini sering disepelekan orang. Berdasarkan keterangan dr Peter Roland dari University of Texas, menggunakan cotton bud ketika mengorek telinga bisa mengakibatkan gendang telinga berlubang, menyebabkan perdarahan dan hilangnya pendengaran yang bersifat sementara.

Meski dengan menambahkan pelembab bisa melunakkan lapisan lilin pada telinga, Anda disarankan lebih baik mengunjungi dokter THT (Telinga Hidung Tengggorokan) untuk mengatasi masalah telinga Anda.

Lapisan lilin ini dalam telinga berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, sel-sel kulit mati dan rambut ke dalam telinga. Kelebihan lilin secara alami akan dikeluarkan melalui saluran telinga, dibantu oleh gerakan mengunyah dari rahang. Lilin ini juga berfungsi dalam mekanisme pembersihan serta mengandung antibakteri dan pelumas.

Kapas pada cotton bud yang terlalu dalam menyodok ke dalam telinga bisa merusak pembentukan alami lilin sehingga menyebabkan lilin menjadi padat, menjadi penghambat dan memicu infeksi," kata Crystal Rolfe dari Royal National Institute for Deaf People, seperti dikutip dari Telegraph.

Pernyataan Rolfe tidak main-main. Dia mengumpulkan data bahwa setiap tahunnya ribuan orang di Inggris kehilangan pendengaran mereka atau mengalami infeksi akibat mereka mengorek telinga terlalu dalam menggunakan cotton bud.

1 komentar:

Ancis mengatakan...

Emang sich... aku dulu pernah lho... malah sampe parah...
Buat temen2... hati-hati aja...

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger