belbuk

Toko Buku Online

VoIP Sasaran Baru Scammer

Secara keseluruhan volume spam rata-rata mencapai 89% dari seluruh pesan email pada bulan Juli 2009 dan menunjukkan tren yang menurun, volume spam terus berfluktuasi.

Selama Juli lalu, menurut laporan Spam Report Symantec Agustus 2009, spam image terus menimbulkan dampak hingga mencapai 17% dari seluruh spam selama bulan Juli. Spam kesehatan menurun 17%, sementara spam produk dan spam 419 keduanya menunjukkan peningkatan berturut-turut sebesar 8% dan 3% dari bulan sebelumnya.

Spammer juga terus mencari teknik yang bisa mendekatkan mereka kepada pemilik inbox dengan menghindari penyaring anti spam. Pada laporannya, Symantec menyebutkan bahwa mereka menemukan varian baru spam 419 yang berusaha mengeksploitasi layanan Voice over Internet Protocol (VoIP).

Metodenya, spammer membuat akun palsu pada situs yang menyediakan layanan VoIP, kemudian menggunakan akun palsu ini untuk mengirim undangan kepada pengguna menggunakan fungsi undang teman/invite friends melalui layanan VoIP tersebut.

Pada pesan spam undangan ini berisi beberapa elemen yang biasanya terlihat dalam undangan VoIP yang asli, namun spammer menyusupkan cerita 419 yang berhubungan dengan adanya dana atau harta warisan di dalam pesan e-mail undangan tersebut

Spam 419, yang pada bulan Juli 2009 mencapai hingga 9% dari seluruh spam, telah menjadi pengganggu bagi pengguna e-mail selama bertahun-tahun. Biasanya, scammer 419 bisa masuk ke e-mail pengguna melalui e-mail yang berbasis teks, dokumen dalam bentuk word, format PDF dan kini seringkali mereka juga masuk ke situs jaringan sosial. Meski begitu, semua usaha untuk mengirim spam 419 mempunyai satu kesamaan – cerita bohong mengenai uang warisan dalam jumlah besar, bantuan kekeluargaan dan keuangan yang diberitahukan melalui pesan tertulis.

Sumber:teknologi.vivanews.com

2 komentar:

yusupman mengatakan...

Waah..ternyata Voip gak aman juga yach...
Thank's atas Info & kunjungannya..

Tri Yudar mengatakan...

untung saya ngga pake VoIP, jadi aman deh... :-)

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger