belbuk

Toko Buku Online

Pengesahan Standarisasi 802.11n

STANDARISASI WI-FI. Draft standarisasi Wi-Fi paling baru, 802.11n, sudah diperlihatkan pada masyarakat umum pada tahun 2006. Selang tiga tahun dari pengumuman draft tersebut, akhirnya hari ini IEEE (lembaga dunia yang mengurusi masalah telekomunikasi wireless) menyetujui draft tersebut. Pengumuman resmi mengenai standarisasi 802.11n akan dilakukan IEEE pada pertengahan Oktober nanti.

Sebenarnya rancangan awal dari standarisasi ini sudah mulai dibahas sejak tahun 2002 lalu. Tentu Anda bertanya-tanya, mengapa IEEE sangat lama dalam memutuskan hasil akhir rancangan tersebut. Usut punya usut ternyata terjadi beda pendapat mengenai teknologi “pre-N” antara Atheros dan Broadcom. Selain itu, kedua perusahaan telekomunikasi tersebut juga sama-sama sulit untuk menyamakan pendapat untuk standarisasi tersebut.

Saat masalah tersebut akhirnya terselesaikan, akhirnya pada bulan Maret tahun 2007 draft kedua 802.11n diberitakan telah selesai disertai dengan janji dari IEEE untuk segera merampungkan versi finalnya. Setelah tak ada kabar berita pada tahun 2008, akhirnya di tahun 2009 semua anggota IEEE menyetujui final draft standarisasi ini.

Standarisasi ini sudah dapat ditemukan pada komputer dan juga peralatan handheld keluaran terbaru. Hal tersebut membuktikan bahwa sebenarnya draft tersebut sudah memasuki masa final dan sedang menunggu pengesahan saja dari anggota dewan IEEE. Salah satu handheld yang sudah menggunakan standarisasi 802.11n adalah iPod Touch 3G.

Dengan menggunakan standarisasi 802.11n, secara teori seseorang dapat mengakses Internet dengan kecepatan 300Mbps atau sekitar enam kali lebih cepat dari format 802.11g.

Sumber:chip.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger