belbuk

Toko Buku Online

Tertipu Uang Jutaan Lewat Facebook

Para pelaku kejahatan menggunakan popularitas Facebook untuk mengambil kesempatan, meraup uang.

Baru-baru ini akun Facebook seorang wanita di Missourri dipakai seorang penipu untuk mengeruk sekira 2.500 poundsterling atau sekira Rp41 juta dari teman-teman wanita itu.

Grace Parry, wanita asal Missouri itu pertama kali menyatakan sulit untuk mengakses akun Facebook. Usut punya usut, ternyata akun Facebooknya telah digunakan oleh Hacker. Masalah muncul ketika sang hacker mengaku-ngaku sebagai Grace dan mengirimkan sejumlah pesan kepada rekan-rekan Grace di Facebook.

Pesan tersebut menyatakan, bahwa Grace dan suaminya sedang terganjal urusan imigrasi dengan pihak Inggris dan membutuhkan uang sebesar Rp41 juta untuk keluar dari London. Padahal Grace sendiri berada di Missouri, Amerika Serikat.

Mengetahui hal itu, Grace yang tidak dapat mengakses akun Facebooknya segera bertindak cepat untuk mengingatkan teman-temannya di Facebook. Ia meminjam akun suaminya dan menyebarkan pesan kepada teman-temannya agar mengabaikan pesan yang berasal dari akun Facebooknya.

Tapi seorang teman Grace 'termakan' oleh pesan tersebut dan merelakan uangnya digondol penipu. Ia mengirimkan uang pada 'Grace Palsu' tanggal 26 Agustus lalu.

Menurut Jason Selzer, polisi yang menangani kasus ini, penipuan via Facebook ini sedang diselidiki kepolisian. Ia juga mengingatkan agar setiap pengguna Facebook rutin mengganti Password untuk mengantisipasi terulangnya kasus serupa.

Sumber: techno.okezone.com

5 komentar:

Tri Yudar mengatakan...

wah.. harus ati-ati nih..!

hade mengatakan...

Hati-hati! Jangan-jangan artikel ini dibaca calon penipu di sini. FB lebih potensial menyebabkan kerugian lebih besar.

afwan auliyar mengatakan...

wah dapat ide buat nyuria uang via FB neh :)

Amri MF mengatakan...

Kalau di Indonesia, katanya ada penipuan juga di FB, tp bukan pesbuk :)

Iklan Baris mengatakan...

Bentuk penipuan di facebook ini sama seperti kejahatan lainnya, titik lemah dari sistem keamanan terletak di penggunanya. Sekarang ini beragam aplikasi sudah tersebar dan dimanfaatkan, seperti penangkal virus, trojan, sampai ke situs phising (situs penipuan). Harganya pun bervariasi, mulai dari yang gratisan sampai yang harganya ribuan dolar, semuanya ada..
Tetapi semua bentuk pengamanan tersebut tidak akan bermanfaat kalau perilaku pengguna tidak hati-hati, tidak awas, atau ceroboh. Ada baiknya membaca dengan seksama tiap email yang masuk ke inbox, pesan yang datang ke jendela instant messenger, ataupun pesan pribadi yang datang ke akun di forum atau situs jejaring sosial. Meskipun itu datang dari rekan sendiri. Kalau perlu, lakukan cross check dengan cara konvensional.
Dengan begitu kita memperkecil peluang kejahatan untuk memperdaya kita.
Wapadalah…!!!!
Iklan Gratis

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger