belbuk

Toko Buku Online

Tips Cara Membawa Presentasi Yang Baik


PRESENTASI. Tanpa pernah disadari, presentasi sudah menjadi bagian dalam hidup Anda, entah itu di dalam sebuah acara seminar, sidang kelulusan, hingga pada saat Anda menjual produk. Bahkan seringkali, presentasi Anda dapat mempengaruhi masa depan Anda (contoh presentasi skripsi). Hingga saat ini, masih banyak orang yang mengeluhkan kemampuan dirinya membawakan sebuah presentasi. Memang orang tersebut tidak bisa disalahkan, apalagi bila orang tersebut baru membawakan presentasi beberapa kali, karena jam terbang merupakan salah satu faktor yang dapat membuat seseorang membawa sebuah presentasi dengan baik. Berikut ini tips bagaimana cara membawa sebuah presentasi yang baik.


1. Kuasai isi materi Anda. Pada saat presentasi, sebaiknya Anda seminim mungkin melihat kertas karena hal tersebut dapat membuat orang lain berpikir kalau Anda tidak terlalu menguasai materi. Salah satu cara menyiasati hal tersebut dengan cara menguasai betul materi Anda. Hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih percaya diri di depan panggung nantinya.



2. Berlatihlah sebelum Anda melakukan presentasi. Semalam atau beberapa hari menjelang hari presentasi, ada baiknya Anda berlatih di depan teman-teman Anda atau berlatih di depan cermin. Cara tersebut dapat menaikan rasa percaya diri Anda dan juga dapat menghilangkan rasa canggung berbicara di depan banyak orang.



3. Kuasai peralatan presentasi Anda. Kalau Anda terlihat canggung menggunakan peralatan Anda sendiri berarti Anda harus bersiap mendapat pandangan pertama yang buruk dari peserta presentasi. Kuasai proyektor, laptop, mouse, atau pointer yang akan Anda gunakan.



4. Kontak mata. Jangan melupakan hal ini. Sebaiknya (sangat dianjurkan) Anda tidak terus menerus melihat kearah slide. Dengan terus melihat ke arah penonton, diharapkan Anda seperti berbicara dua arah. Selingi dengan lelucon, pertanyaan spontan ke arah penonton. Lakukan hal tersebut agar peserta tidak bosan. Selain itu, selingi slide Anda dengan musik, video, atau animasi.



5. Jangan lupa simpan data materi Anda. Ini penting. Sangat penting. Apabila Anda melupakan menyimpan data materi Anda, Anda dapat tegang saat itu juga dan kemungkinan besar semua materi yang ada di kepala Anda akan hilang. Oleh karena itu, simpan materi Anda di media penyimpanan yang mudah diingat, seperti laptop atau Flash Disk.( chip.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger