belbuk

Toko Buku Online

Penyingkat URL Buatan Indonesia


Google dan YouTube baru saja menyediakan layanan penyingkat url (universal resource locator/ alamat internet). Mungkin sudah mulai banyak yang menjajal layanan goo.gl dan youtu.be itu, menggantikan tiny.url atau bit.ly.

Tapi, tahukah Anda penyingkat url lokal besutan orang Indonesia? Bila belum, silakan dicoba layanan penyingkat bernama pendek.in. Kendati menggunakan domain dari India (.in), pendek.in asli buatan Indonesia.

Sanny Gaddafi, developer asal Jakarta, membuat pendek.in dan mengoperasikannya sejak Februari 2009 lalu. "Setelah hampir setahun diluncurkan, respon yang didapat dari layanan ini cukup bagus," ujar Sanny kepada VIVAnews, Senin 28 Desember 2009.

Menurut Sanny, yang juga adalah pendiri jejaring sosial lokal Fupei.com dan Bundagaul.com, membuat pendek.in sungguh tidak sulit. Sebab, pendek.in hanya menyediakan fungsi pemendek, tanpa menyediakan fungsi penghitung statistik, seperti yang dimiliki bit.ly.

"Codingnya tidak rumit," kata Sanny. Karena aplikasinya tidak berat, bahkan Sanny masih menggabung aplikasi tersebut di server milik Fupei.

Seperti penyingkat url lainnya, kita bisa menggunakan pendek.in dengan melakukan copy-paste url yang panjang, ke kotak 'Masukkan URL'. Setelah itu, pencet tombol 'pendek.in' maka kemudian akan muncul url yang lebih singkat.

Selain itu, pendek.in juga menyediakan script yang bisa ditempel (di-drop-down) ke toolbar browser, sehingga pengguna internet bisa lebih mudah ke situs pendek.in bila hendak menggunakan layanan itu sewaktu-waktu.

Layanan penyingkat url sebenarnya sudah lama ada. Namun, layanan semacam ini semakin dibutuhkan seiring meningkatnya jumlah pengguna layanan mikroblog di Indonesia. Dengan keterbatasan jumlah karakter teks yang disediakan oleh situs-situs mikroblog (140 karakter), jasa penyingkatan url semakin dibutuhkan.

Sanny mengatakan, ia tidak terlalu berharap pendek.in bisa menjadi aplikasi pemendek url yang mendunia. "Ini sekedar eksperimen saya, untuk membuat gimmick bersifat lokal," katanya.

Apalagi, dengan munculnya berbagai layanan penyingkat kata yang disediakan sendiri oleh perusahaan raksasa seperti Google (goo.gl), YouTube (Youtu.be), Facebook (fb.me), maupun Twitter (bit.ly).

"Terus terang, layanan penyingkat url model, kini tidak memiliki model bisnis yang menjanjikan," Sanny menerangkan. Walau demikian, penyingkat url ini cukup menarik digunakan, karena namanya 'lucu' dan sangat Indonesia. Bila ada url yang panjang dan mengganggu Anda, silakan di-pendek.in saja! (teknologi.vivanews.com)

2 komentar:

Online Writer mengatakan...

Hmm..info menarik nih..tapi lucu juga ya.. "Bila ada url yang panjang dan mengganggu Anda, silakan di-pendek.in saja!" ^_^


Anda butuh jasa penulisan konten website bahasa inggris atau penulisan untuk job paid review anda? hubungi kami di jasapenuliscontent.blogspot.com...kami siap membantu anda ^_^

Dea Punya | Blogger Ciamis mengatakan...

wahhh wahhh wahhh bener bener unik.
^_^

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger