belbuk

Toko Buku Online

NgeCharge HP lewat Celana Jeans

Tim dari Stanford University mengembangkan cara baru untuk mengisi ulang baterai ponsel, yaitu dengan aliran listrik dari pakaian yang Anda kenakan.



Dengan temuan ini, saat pengguna ponsel bepergian, mereka tak perlu kerepotan mencari stop kontak untuk mengisi ulang baterai ponsel. Cukup menyambungkan kabel dari celana jeans atau kemeja yang dipakai ke ponsel, maka baterai ponsel pun langsung terisi arus listrik. Namun sebagai gantinya, sepanjang malam sebelum bepergian pengguna harus mengisi pasokan listrik pada pakaian hingga penuh.



Yi Cui dan timnya bekerja keras mengubah bahan kain dan polyester biasa menjadi bahan tekstil penghantar energi yang berfungsi sebagai charger untuk isi ulang baterai ponsel.



"Temuan ini merepresentasikan perkembangan materi jenis baru dengan berbagai fungsionalitas baru seperti fleksibilitas, elastisitas, dan lain sebagainya. Bahan tersebut bisa digunakan untuk beragam aplikasi dan rancangan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan dengan teknologi tradisional," kata Yi Cui seperti dikutip dari TG Daily.



"Pakaian olahraga berbahan khusus, penyimpan energi portabel, serta sistem monitoring kesehatan yang ditanam, merupakan contoh aplikasi baru yang gencar dikembangkan," tambahnya.



Dalam temuannya ini, Yi Cui menggunakan 'tinta' berbahan karbon nanotube tunggal. Tinta ini kemudian diaplikasikan pada bahan katun dan serat polyester untuk pakaian, sehingga mengubahnya menjadi bahan ajaib yang bisa menyimpan listrik.



Yi Cui mengklaim, serat bahan ini memiliki fleksibilitas dan elastisitas seperti bahan katun dan polyester biasa. Bahan ini pun sama seperti bahan pakaian pada umumnya yang bisa dicuci dan dikeringkan berulang kali. (techno.okezone.com)

1 komentar:

yr mengatakan...

klo basah kesetrum ngga ya ??? :-)

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger