belbuk

Toko Buku Online

Jangan Biasakan Menggigit Kuku

Banyak orang memiliki kebiasan buruk. Dan, mungkin beberapa dari mereka yang sulit menghentikan kebiasaan buruk itu. Salah satu kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan tanpa sadar dan sulit dikontrol adalah menggigit kuku.

 

Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun seringkali tanpa sadar menggigiti kukunya. Penny Donnenfeld, Ph.D., seorang psikolog klinis di New York City sekaligus juru bicara American Psychological Association, mengatakan, sekitar 30 persen orang dewasa memiliki kebiasaan buruk itu.

 

Berikut sejumlah trik untuk menghentikan kebiasaan buruk menggigit kuku:

 

1. Menenangkan diri

Kecemasan seringkali menjadi pemicu seseorang tanpa sadar menggigiti kukunya. Secara psikologis, aktivitas itu dilakukan untuk menenangkan diri. Namun, cobalah cara lain. Misalnya, ambil napas panjang atau melakukan beberapa latihan stretching saat anda merasa stres.

 

Atau coba trik ini: Tutup mata dan bayangkan aktivitas yang menyenangkan, seperti berlibur di suatu pantai. Fokuskan pikiran seolah Anda berada di lokasi itu. Anda juga dapat mencoba menuliskan apa yang membuat Anda cemas atau menelepon teman dekat untuk hidangan tentang hal itu.

 

2. Buat kesibukan baru

Menggigit kuku juga cenderung dilakukan banyak orang saat sedang bosan dan lesu. Jika itu terjadi, tandanya Anda sedang berusaha mengalihkan perhatian. Cobalah ganti kebiasaan menggigit kuku dengan kebiasaan lain yang membuat tangan sibuk, seperti menulis, merajut, minum secangkir teh, atau memilah-milah cucian.

 

3. Meminta pendukung

Minta teman-teman dekat dan keluarga untuk memberi peringatan lembut ketika Anda mulai menggigit kuku. "Sering kali orang tidak menyadari jari-jari mereka ada di mulut mereka," kata Donnenfeld. "Memiliki seseorang yang mengingatkan Anda dengan lembut akan sangat membantu."

 

4. Manicure yuk!

Cat kuku dapat membantu menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Anda tentu tak ingin kuku cantik anda yang sudah dimanicure jadi rusak gara-gara digigiti kan. Anda juga bisa memakai kuku palsu. Anda tidak akan mendapat kepuasan ketika menggigit kuku palsu. Pilihan lain: Oleskan cat kuku dengan rasa pahit yang dirancang untuk melepaskan kebiasaan buruk ini. (kosmo.vivanews.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger