belbuk

Toko Buku Online

Lacak Lokasi Karyawan Dengan Ponsel Jepang

Sebuah ponsel baru di Jepang mampu melacak tidak hanya posisi pengguna melainkan juga gerakan tiap menitnya. Ponsel dikembangkan oleh raksasa KDDI Corporation bisa mengidentifikasi aktivitas seperti berjalan, memanjat tangga.

BBC melaporkan teknologi yang dikembangkan oleh raksasa KDDI Corporation tersebut bisa digunakan oleh perusahaan untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh para stafnya.

Sebelumnya sudah ada ponsel yang mampu menganalisa perilaku pengguna, tetapi terbatas karena hanya mendeteksi gerakan linear seperti berjalan sederhana atau berlari.

“Kami mengharapkan teknologi tersebut digunakan untuk memaksimalkan performa pekerjaan dari karyawan,” ujar salah seorang staf KDDI. Philip Sugai, direktur laboratorium konsumer mobile di Universitas Internasional Jepang.

“Secara teknis, teknologi tersebut merupakan inovasi yang penting, sebagai contoh ketika diaplikasikan ke isu pengobatan jarak jauh, di mana memonitor kondisi pasien sangatlah penting”.

Tetapi teknologi tersebut yang memungkinkan bos untuk mengawasi karyawannya punya potensi menciptakan masalah privasi. “Benda itu memperlakukan manusia layaknya mesin, seperti ternak yang harus diawasi setiap saat,” tegas pengacara hak asasi terkemuka Kazuo Hizumi.

“Teknologi baru sudah seharusnya meningkatkan kualitas kehidupan manusia bukan mengawasi.(inilah.com)

1 komentar:

yr mengatakan...

Untuk urusan teknologi Jepang memang No.1 :)

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger