belbuk

Toko Buku Online

Mengoptimalkan Kecepatan Yamaha Jupiter

Kalau ingin meraih top speed yang lebih dan tarikan lebih panjang pada Yamaha Jupiter-Z, ada langkah sederhana. Cukup dengan mengganti komposisi sproket. "Perbandingannya diubah menjadi lebih kecil," terang Lukman, Chief mekanik Yamaha Permata Motor di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.



Sproket Jupiter Z yang 15/40 sama dengan Vega ZR. "Kalau mau, tinggal kurangi gir belakang. Supaya tidak berat, pakai yang 38," lanjut Lukman. Hanya, kata Lukman, untuk mengubah gir New Jupiter Z tak semudah generasi sebelumnya. Khusus Jupiter Z baru dan Vega ZR rantainya beda. "Pakai ukuran 420, lebih kecil dibanding Jupiter lama atau generasi Yamaha sebelumnya yang 428," sebut Lukman.



Disarankannya, ganti sproket sebaiknya dibarengi dengan rantai. Trus, pada Jupiter baru, pengunci sproketnya ada holdernya, sementara yang lama cukup pakai spi. Saat pasang, holder bisa diganjal ring biar enggak oblak, baru pakai spi. Begitu saran Lukman.




Kalau mau lebih gampang, bisa pakai sproket aftermarket yang bisa untuk rantai 420. Termasuk pakai punya Honda Karisma. "Meski harus sesuaikan lubang bautnya," ingat Lukman. (otomotif.kompas.com)

2 komentar:

yr mengatakan...

sayang saya ngga punya motor Yamaha... :)

dhiiy mengatakan...

biasa nya klu gir kecil kekurangan pd saat tanjakan .,.,.itu gmn?

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger