belbuk

Toko Buku Online

Kontak Fisik Lewat Internet

Pengguna internet bisa merasakan kontak fisik seperti memeluk atau memegang sesuatu melalui komunikasi di internet, berkat sebuah terobosan dalam perangkat teknologi robot yang bisa dipakai.

Perangkat bernamaa iFeel-IM yang diciptakan oleh Dzmitry Tsetserukou asal Jepang ini mensimulasikan sensasi kontak fisik seperti pelukan, detakan jantung, perut keroncongan, dan perasaan geli saat memakai alat tersebut.

Kreasi robot tersebut pertama kali dipamerkan di ajang Augmented Human International Conference yang digelar di Prancis.

Dzmitry yang merupakan asisten profesor di Toyohashi University of Technology di Jepang, menggambarkan bagaimana perangkat robotik iFeel-IM ini dirancang untuk menambah sensasi rasa sentuhan manusia kedalam dunia maya.

"Kita ada dalam era komunikasi, dimana komputer menjadi perantaranya, seperti SMS, email, Twitter, Instant Messaging. Namun banyak orang tidak terkoneksi secara emosional," ujarnya.

Itu sebabnya, lanjut Dzmitry, dia mendapat ide untuk menciptakan pengalaman berkomunikasi yang lebih mendalam. "Tidak hanya getaran ponsel yang anda rasakan ketika menerima SMS. Emosi adalah sesuatu yang membuat komunikasi hidup," terangnya.

iFeel-IM berisi kumpulan sensor, penggerak, getaran dan gelombang suara yang nantinya akan menyampaikan respons emosional dalam pesan.

Sementara itu, Alena Neviarouskaya, ilmuwan dari University of Tokyo menciptakan software untuk mengkodekan pesan emosional yang terkandung dalam teks. Nantinya software inilah yang menciptakan respons sentuhan yang sesuai dengan pesan emosional melalui perangkat robot.

Perangkat ini bisa membedakan sembilan emosi termasuk rasa senang, takut, ketertarikan, rasa bersalah atau marah dengan tingkat akurasi 90 persen.(techno.okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger