belbuk

Toko Buku Online

Netbook Atau Ipad Pilihan Anda?

Netbook sempat merajai pasar PC dunia karena banyak orang yang tertarik dengan mobilitasnya yang tinggi. Namun, bagaimanakah kelanjutan hidup Netbook setelah kedatangan iPad yang sama-sama menawarkan mobilitas tinggi ini?

Netbook yang telah terjual hingga 50 juta perangkat hingga saat ini, memang sempat memesona banyak orang dengan menawarkan perangkat dengan berat kurang dari 1,5 kg; kompatibel dengan Windows, dan murah. Tapi, apakah daya tarik ini masih mampu mempertahankan pasar netbook setelah iPad datang dan menawarkan mobilitas serupa? Bandingkan netbook dengan perangkat besutan Apple yang mudah dibawa, memiliki kemampuan lebih baik dari smartphone, meski tidak sehebat laptop.

Satu lagi yang patut diperbandingkan. Keyboard fisik dan keyboard non fisik yang dimiliki iPad. Meski iPad memang menyediakan pula keyboard fisik. Namun soal yang cukup sensitif adalah perbandingan harga antara yang terjangkau dan iPad yang tergolong tidak murah. Meski demikian, Apple mungkin masih bisa percaya diri dengan pasar iPad, dimana ada jutaan orang yang bersedia membayar lebih demi perangkat Apple.

Secara fungsional, netbook dan iPad menawarkan layanan yang nyaris serupa. Hewlett-Packard, Dell, dan Intel berargumen bahwa Netbook digunakan untuk Web browsing, penggunaan media, e-mail, dan kegiatan komputasi sederhana. Memang terdengar nyaris seperti layanan yang bisa disediakan iPad, meskipun perangkat ini tak menyediakan dukungan unutk Flash, seperti dikutip dari cNet.

Pertimbangan lainnya, apakah kompatibilitas Windows akan terus memainkan peran penting pada mada depan Netbook? Penerimaan pasar yang cukup hangat terhadap OS X Apple dan turunannya yang berjalan di iPhone dan iPad menunjukkan kemungkinan terdepaknya posisi Windows.

Namun dengan asumsi bahwa Windows serta seluruh kekompatibilitasnya merupakan hal penting, sistem operasi Microsoft ini sesungguhnya menjadi salah satu kelemahan Netbook. Sebab, Netbook dengan prosesor berperforma rendah, mesti dipaksa menjalankan Windows yang sangat memakan sumber daya komputer. Sementara, iPad telah dirancang apik sebagai satu kesatuan perangkat yang utuh. Jadi, mana yang akan Anda pilih? (chip.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger