belbuk

Toko Buku Online

Waspadalah Menggunakan Internet Banking

Bagi Anda pengguna sistem transaksi pembayaran melalui internet banking, disarankan untuk berhati-hati. Pasalnya, Bank Indonesia (BI) sampai saat ini belum mengatur secara tegas transaksi yang mulai banyak ditawarkan perbankan nasional itu.

"Internet tidak ngatur, itu diserahkan kepada masing-masing bank," kata Kepala Biro Kebijakan Sistem Pembayaran BI Aribowo di sela Swift Business Forum 2010 di Hotel Mandarin, Jakarta, Selasa 11 Mei 2010.

Menurut Aribowo, perbankan selama ini memang sudah mengatur rambu-rambu mengenai sistem informasi. Namun, BI tidak secara tegas mengatur mengenai sistem pembayaran melalui internet banking. "So far belum ada," katanya.

Kendati belum ada aturan, BI mengaku berencana untuk membuat aturan detail mengenai internet banking. Hal ini untuk mencegah adanya potensi terjadinya fraud (penyimpangan).

"Kemungkinan fraud itu misalnya menggunakan web browser palsu, potensi fraud itu sebenarnya di situ," ujar Aribowo.

Sebagai upaya persuasif, Aribowo menambahkan, BI akan mendorong agar perbankan nasional menggunakan password misalnya token.

"BI mewajibkan (nasabah) mendorong secara tidak langsung bank itu untuk meningkatkan sistem sekuritinya. Setiap periode diaudit oleh security audit atau lembaga eksternal tertentu," kata dia.(bisnis.vivanews.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger