belbuk

Toko Buku Online

Menghasilkan Listrik Dari Sampah

Siapa yang menyangka jika tempat pembuangan akhir (TPA) Bantar Gebang bisa menghasilkan listik yang sangat besar. Pengelola TPA Bantar Gebang pun menargetkan 26 megawatt listrik yang dihasilkan dari sampah penduduk Ibukota tersebut.

"Kita targetkan 26 megawatt pada tahun 2013, saat ini kita baru menghasilkan 2 megawatt," ujar Direktur Pengelola, Douglas Manurung kepada wartawan.

Listrik tersebut, menurut Douglas dihasilkan dari sampah yang disimpan dalam peti khusus sehingga menghasilkan gas metan yang merupakan salah satu tenaga listrik yang paling potensial.

"Sampah tersebut kita masukkan dalam alat berukuran 20 meter x 80 meter x 50 meter kita diamkan selama 4 bulan maka akan menghasilkan gas metan untuk tenaga listrik," tambahnya.

Manurung mengatakan jika saat ini pihaknya telah memiliki 2 alat, dimana setiap alat mampu menghasilkan 1 megawatt gas metan dalam waktu 4 bulan.

"Kita sudah beli dua lagi, saat ini sudah ada di pelabuhan alatnya, akhir tahun ini kita beli lagi 4 unit alat yang sama," terangnya.

Dengan menggunakan cara tersebut, diharapkan sampah warga Ibukota yang per harinya mencapai 4,5 juta ton tidak sekadar menjadi sampah busuk, melainkan juga menjadi sesuatu yang sangat berharga.

"Kita juga akan menjadikan TPA Bantar Gebang sebagai tempat pariwisata, tapi itu masih program panjang," paparnya.(detiknews.com)

2 komentar:

itempoeti mengatakan...

solusi-solusi kreatif seperti ini yg seharusnya dilakukan sejak dulu.

Gratisan mengatakan...

Kok baru sekarang di publikasikan yah???

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger