belbuk

Toko Buku Online

SMSan dan Internetan di Pesawat

Keinginan Garuda Indonesia untuk melayani para penumpangnya agar bisa melakukan SMS dan mengakses internet dipastikan akan semakin mulus. Otoritas penerbangan RI telah memberikan lampu hijau terhadap langkah tersebut. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bhakti Singayudha Gumay mengatakan, pihaknya mendukung langkah Garuda tersebut.

"SMS dan internet -an yang akan dilakukan di pesawat tidak masalah. Kita mendukungnya, tetapi harus disertifikasi dulu," kata Herry di Jakarta, Jumat (18/6/2010).

Agar dapat sertifikasi, kata Herry, maskapai penerbangan yang bersangkutan harus mendaftarkan dulu pesawat-pesawat mana saja yang akan melayani SMS dan internet an, kemudian pihak regulator yang memberikan sertifikasi.

"Kalau untuk menelepon belum bisa karena aturannya tidak diperbolehkan," ujar Herry merujuk Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan.

Ia menjelaskan, operator tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan sertifikasi layanan SMS dan internet di atas pesawat. Menurutnya, hal itu hanya butuh waktu satu atau dua bulan.

"Sekarang teknologi kan telah memungkinkan penumpang untuk melakukan layanan SMS di atas pesawat. Nah tipe-tipe pesawat yang baru telah dilengkapi dengan teknologi yang bisa SMS-an dan internet -an secara aman, itu yang diperbolehkan," ujarnya.

Sebelumnya, Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dana 17,5 juta dollar AS untuk melengkapi pesawatnya dengan perlengkapan teknologi telekomunikasi.

Pesawat yang bakal dilengkapi teknologi itu antara lain Airbus A330 dan Boeing 777-200. Beberapa Pesawat Airbus A330 telah ada, sementara Boeing 777-200 masih dalam taraf pemesanan dan diperkirakan akan datang ke Indonesia pada 2011.

Seperti diketahui, teknologi seperti ini juga telah diterapkan di sejumlah maskapai asing dengan layanan kelas atas, seperti Malaysia Airlines, Qantas, Emirates, dan lain-lain. (tekno.kompas.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger