belbuk

Toko Buku Online

Ponsel Android Rawan Virusan

Sistem operasi Andorid besutan Google, yang kini banyak dipakai ponsel pintar maupun tablet komputer, ternyata mudah terserang virus atau disusupi hackers.

Hal berbeda justru terjadi pada iPhone buatan Apple dengan platform iOS, seperti yang dituturkan pembuat pengaman peranti lunak Trend Micro Inc.

“Android adalah opensource. Artinya, hacker sangat paham kelebihan dan kelemahannya serta sumber kodenya,” kata Steve Chang, bos Trend Micro.

Chang memuji Apple. Menurut dia, Apple sudah memikirkan dengan saksama soal kemungkinan ini. “Hampir tidak mungkin ada virus di iPhone,” katanya.

Google memang sengaja membiarkan Android gratis dan para pengembang untuk membuka kodenya agar mereka bisa membuat program yang jalan di atas Android.

Apple sebaliknya mengahruskan setiap pembuat program untuk mendapat persetujuan terlebih dahulu sebelum dijual secara online di toko mereka.

Chang mengatakan para pengguna Android kini harus lebih hati-hati dan memepersenjatai ponsel pintar atau tablet mereka dengan pengaman peranti lunak.

“Ponsel pintar adalah generasi berikut setelah personal computer,” kata Chang. “Banyak perusahaan yang telah menggunakannya. Kehilangan data akan menjadi masalah besar.(tempointeraktif.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger