belbuk

Toko Buku Online

Manfaat Kulit Telur


Telur merupakan bahan makanan yang mudah diolah. Disajikan dengan cara apapun, telur tetap enak disantap dan tentunya bergizi. Ternyata, tidak hanya isinya yang berguna, tapi juga kulitnya.

Bukan untuk dimakan memang, kulit telur bisa digunakan untuk membersihkan perangkat makan hingga mengusir hama tumbuhan. Ini dia beberapa tips memanfaatkan kulit telur, seperti dikutip dari Helium:

1. Membersihkan Cangkir Kopi/Teh
Cangkir yang sering digunakan untuk minum kopi atau teh seringkali meninggalkan noda kecokelatan. Untuk menghilangkannya, taruh kulit telur yang telah dihancurkan ke dalam cangkir, tambahkan air dan kocok cangkir dengan gerakan ke atas dan bawah. Serpihan kulit telur akan menghilangkan sisa residu tanpa membuat pinggiran atau dasar cangkir lecet. Setelah itu, cuci cangkir dengan sabun seperti biasa dan bilas sampai bersih.

2. Bisa Jadi Pupuk Kompos
Kulit telur bisa dijadikan pupuk kompos. Campurkan bersama sampah organik lainnya, seperti kulit pisang, sisa bagian tengah apel yang tak termakan, ampas kopi atau kulit mangga. Pupuk kompos baik untuk menyuburkan tanaman dengan cara aman dan alami.

3. Mengusir Siput
Di musim hujan atau tempat lembab, biasanya siput akan banyak bermunculan. Siput bisa jadi binatang pengganggu bagi tanaman bunga kesayangan Anda. Untuk mencegah siput atau bekicot memakan tanaman, tempatkan kulit telur di sekitar pekarangan Anda. Ujung kulit telur yang tajam bisa mencegah binatang berlendir itu untuk mendekati tanaman bunga Anda.

4. Merangsang Pertumbuhan Tanaman
Jika pekarangan Anda ditanami sayur, serpihan kulit telur bisa membantu merangsang pertumbuhan tanaman Anda. Kulit telur mengandung 93 persen kalsium karbonat, menjadikannya pupuk yang baik untuk tanaman tumbuh dengan sehat.

sumber: www.wolipop.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger