belbuk

Toko Buku Online

Ponsel Menyebabkan Tulang Keropos


Riset terbaru mengungkap, ponsel bisa mengurangi konten mineral pada tulang. Jarak ponsel yang terlalu dekat dengan tubuh adalah pelakunya. Seperti apa?

Peneliti National University of Cuyo di Argentina meneliti pria yang meletakkan ponsel di sakunya dan menemukan bukti yang menyatakan, kedekatan ponsel pada tubuh dapat mengurangi konten mineral tulang (BMC) dan kepadatan mineral tulang (BMD).

Pria-pria ini setidaknya membawa ponsel selama 12 bulan. Menurut studi yang diterbitkan di Journal of Craniofacial Surgery ini, “BMD dan BMC para pengguna ponsel secara signifikan berkurang di trokanter dan pinggul”.

Orang yang tak menggunakan ponsel memiliki kadar BMC dan BMD lebih tinggi dibanding mereka yang menggunakan ponsel. Pemimpin studi Dr Fernando D Sravi mengatakan, “Perbedaan pola pada mineral tulang paha ditemukan pada pengguna ponsel akibat gelombang elektromagnetik berfrekuensi radio”.

Studi ini mengukur BMC dan BMD pada pinggul kanan dan kiri kedua kelompok pria sehat itu, 24 orang menggunakan ponsel dan 24 lainnya tidak, selama 12 bulan. Menurut studi, elektromagnet yang dipancarkan ponsel mempengaruhi mineralisasi tulang dan bisa menyebabkan osteoporosis.

Dr Sravi mengatakan, riset lanjutan diperlukan untuk menentukan apakah wanita dan anak-anak juga terpengaruh. Radiasi elektromagnetik non-ion ponsel bisa menyebabkan dampak biologis non-thermal dan relevan pada kesehatan manusia, tutupnya. (http://teknologi.inilah.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger