belbuk

Toko Buku Online

Warna Mobil Yang Jarang DiCuri


Ketika Anda memilih mobil, pilihan warna tepat dapat mengurangi kesempatan mobil Anda dicuri hingga setengahnya. Warna apa itu?

Studi di Belanda menunjukkan, makin populer mobil makin besar kesempatan mobil dicuri. Misalnya, mobil berwarna pink dalam studi tak ada yang dicuri. Peneliti University of Tilburg di Belanda menemukan, mobil berwarna hitam, biru dan perak atau abu paling banyak dibeli di Eropa.

Selain itu, pembeli mobil makin konservatif memilih warna mobil mereka. Menurut produsen utama cat mobil DuPont, pada penjualan mobil dunia, 86% di antaranya adalah mobil berwarna hitam, biru, putih dan perak atau abu-abu pada 2009. Sebanyak 14% sisanya dari penjualan mobil berwarna hijau, kuning, oranye, merah, dan pink.

Ekonom University of Tilburg Ben Vollaard membandingkan angka ini dengan tingkat mobil yang dicuri di Belanda pada 2004-2008. Vollaard fokus pada mobil yang paling mungkin dicuri. Studi menemukan, mobil berwarna hitam, biru, dan perak atau abu-abu paling sering dicuri.

Mengapa pencuri tak mencuri mobil berwarna cerah?

Vollaard menemukan, nilai jual kembali mobil merupakan faktor penentu utama dalam pencurian mobil. Sederhananya, makin banyak warna mobil ‘di luar sana,’ makin rendah nilai jual kembalinya.

Menurut studi, pencuri paling sering mencuri mobil untuk dijual kembali, 85% keseluruhan pencurian mobil berada dalam kategori ini.

“Perbedaan tingkat pencurian antara mobil berwarna umum dan tidak menunjukkan, nilai jual kembali ada di benak pencuri mobil,” kata Vollaard. Kami menemukan bukti, nilai jual kembali lebih mendorong perbedaan ini dibanding ketakutan ditangkap polisi, lanjutnya.

"Pencuri menghindari mobil berwarna cerah karena tak ingin menarik perhatian pihak berwenang bukanlah alasannya," ungkap studi itu lebih lanjut.

Warna merah sangat populer di Belanda pada awal 1990-an, bahkan 25% mobil baru berwarna merah. Namun, popularitas warna itu jatuh seiring dengan waktu, dan kini hanya 5% mobil baru berwarna merah. Menurut DuPont, penurunan ini merupakan tren di seluruh dunia.

Studi menemukan, pencuri tak peduli kepergok dalam mobil berwarna cerah. Pada 1990-an, pencurian mobil berwarna merah jadi lebih tinggi. Popularitas mobil merah terkait erat pada prevalensi merah antar mobil curian. Mobil berwarna tak umum sama baiknya dengan membeli perangkat keamanan mobil mahal, Vollaard menyarankan.

“Pink adalah warna pencegah yang paling sempurna," katanya. (http://teknologi.inilah.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Informasi dan Teknologi
Designed by MutiarabhuanaPowered by Blogger